Tips Resign Tanpa Drama ala Telenovela~

Tips Resign Tanpa Drama ala Telenovela

“Duh, mau resign kok ada aja ya drama nya!” Hmm mungkin drama ini muncul juga karena kamu resign nya dengan cara yang kurang baik nih. Coba deh kamu cek poin-poin ini supaya kamu bisa resign tanpa drama ala telenovela. Resign tenang, hatipun senang~

  1. Bicarakan dengan Atasan

Pertama, udah pasti kamu harus menemui atasan kamu mengenai keputusan kamu untuk resign. Bicarakan juga alasan kamu yang memilih untuk resign. Dengan alasan yang baik ataupun tidak, kamu tetap harus mem-filter apa yang akan kamu bicarakan ke atasan kamu. Gimanapun juga, kamu harus menjunjung tinggi attitude dan profesionalitas kamu.

  1. Gak Usah Umbar-umbar Niat Resign

Gak usah dulu deh ngomong ke temen-temen kalo kamu mau resign. Apa lagi kalo resign nya belum disetujui sama atasan kamu, yang ada ntar malah jadi heboh sekantor dan jadi drama~ Cukup kamu dan bos kamu aja yang tau. Setelah keperluan resign disepakati dan selesai, kamu bisa cerita ke teman kamu mengenai keputusan kamu untuk resign.

  1. Ikuti Prosedur Perusahaan

Biasanya perusahaan memiliki ketentuan one month notice untuk karyawan yang ingin resign. Satu bulan ini bukannya tanpa alasan, karena HRD juga perlu waktu untuk mencari karyawan baru yang akan menggantikan posisi kamu dan juga untuk transfer knowledge seputar pekerjaan kamu ke karyawan baru nantinya ataupun tim kamu. Jadi, kalo kamu memang mau resign, perhatikan dulu apa ketentuannya ya, jangan main kabur gitu aja karena bakal ngaruh juga ke reputasi dan profesionalitas kamu.

  1. Selesaikan Pekerjaan dengan Baik

Nah, meskipun resign kamu sudah disetujui dan kamu hanya menghitung hari untuk meninggalkan perusahaanmu yang sekarang, kamu tetap harus profesional. Selesaikan pekerjaanmu dengan baik, dateng tepat waktu ke kantor, jangan malah seenak jidat karena ngerasa udah gak ada tanggung jawab.

  1. Delegasikan Tugas dengan Baik

Jangan lupa untuk mendelegasikan tugas kamu ke rekan kerja kamu ataupun karyawan baru yang akan menggantikan kamu. Rapihkan semua dokumen yang diperlukan sampe jelasin workflow dari pekerjaan kamu. Kayak yang udah dijelasin di poin 3 tadi, alesan kenapa ada one month notice di berbagai perusahaan, supaya kamu juga ada waktu untuk mendelegasikan pekerjaan.

  1. Pamit dengan Teman-teman Kantor

Masuk kantor baik-baik, tentunya berpisahnya juga dengan baik-baik dong. Pamitan ke temen kantor itu juga bisa menjelaskan bahwa kamu resign dengan cara baik-baik. Kalo kamu resign tanpa pamit, yang ada kamu bisa dicurigain satu kantor kalo kamu berhenti atau diberhentikan dengan cara yang gak baik. Duh, udah deh jangan drama.

Nah itu dia YOTers berbagai tips resign anti drama bak telenovela. Inget ya, bertemu baik-baik, berpisah juga harus dengan cara yang baik. Duh jadi baper. Ea.

2+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *