Ini Makna Kemerdekaan Versi Gue!

Ini Makna Kemerdekaan Versi Gue!

“17 Agustus tahun 45, itulah Hari Kemerdekaan Kita!”

Hari ini, tanah air kita tercinta memasuki usianya yang ke-74. Jika kita kembali mengingat sejarah, tepat di tanggal ini, 74 tahun yang lalu Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Merdekanya tanah air tercinta tidak terlepas dari semangat juang pahlawan, yang tentunya sekarang ini bukan hanya sekadar untuk dikenang, tapi juga harus kita terapkan.

Ngomongin soal merdeka, di hari ulang tahun Indonesia ke-74 ini, ada beberapa YOTers yang mau kasih tau nih makna merdeka versi mereka. Yuk kita simak!

 

“Kemerdekaan bukan hanyalah kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata, kesempatan untuk berkarya tanpa batas, kesempatan untuk mewujudkan ibu pertiwi yang mulya.

Merdeka, ketika yang bebeda bisa bersatu jua. Merdeka, ketika raga dan jiwa sepenuhnya kita sumbangkan untuk Indonesia. Indonesia yang kaya, damai, dan penuh toleransi. Merdeka, merdekalah dirimu, merdekalah mimpimu, merdekalah dunia!” – Abdillah Ulfaida Rahmawanti, Young On Top Solo Batch 5.

Abdillah Ulfaida Rahmawanti, Young On Top Solo Batch 5

.

“Merdeka itu adalah tentang bagaimana kita sebagai satu kesatuan negara bisa berdiri kokoh dengan kaki sendiri. Kokoh hingga semua rakyatnya makmur dan sejahtera. Bukan hanya terlepas dari peperangan sehingga kita bisa dikatakan merdeka tapi juga tentang bagaimana negara ini bisa mengatur dirinya sendiri untuk mencapai visi dan misi. Negara ini kaya, kaya akan budaya, kandungan alamnya dan juga keramahtamahannya, namun semua itu belum cukup dikatakan sudah merdeka kalau masing-masing rakyatnya masih memikirkan kemerdekaan dirinya sendiri tanpa tau apa yang dialami saudara senegaranya diluar sana. Karena MERDEKA itu bukan hanya tentang diri sendiri, namun sebagai satu kesatuan, Satu Negeri. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Bersama membenahi Negeri, supaya tercapai Kemerdekaan yang Hakiki.” – Andriansyah Putra, Presiden YOT Bandung.

Andriansyah Putra, Presiden YOT Bandung

“Merdeka versi gue berarti stop mempedulikan omongan orang lain, selama yang lo lakuin itu positive dan sama sekali ngga ngerugiin orang lain. Llanjutin aja movement lo. Toh setiap orang punya caranya masing-masing buat ngejalanin hidup. Terlalu banyak mempedulikan omongan orang cuma buat lo stuck di tempat. Jadi, stop it and let’s move!” – Azis Arouf, YOT Solo Batch 5.

Azis Arouf, YOT Solo Batch 5

“Merdeka Versi Gue adalah ketika gue bisa bersyukur dan bahagia atas apa yang gue punya saat ini. Dan gue juga pengen temen-temen diluar sana juga selalu bahagia atas kehidupan yang dimilikinya.

Salah satu hal kecil yang bisa gue lakukan untuk bangsa Indonesia adalah dengan spread of happiness, gue ingin mengekspresikan diri dari rasa bahagia yang tercipta dan bisa menularkan rasa bahagia gue ke temen-temen, sohib gue dan lingkungan gue untuk ikut bahagia bersama.

Spread love everywhere we go, and spread a little happiness till dreams come true. ‘Cause happiness is what we set ourselves.

Selamat Ulang Tahun ke-74 Indonesia. Negara Kebangsaanku, Tanah Airku, Indonesia.” – Bunga Asih Pratiwi, Vice President YOT Solo Batch 5.

Bunga Asih Pratiwi, Vice President YOT Solo Batch 5

“Merdeka versi gue adalah ketika jiwa, mental dan raga ini dapat saling berkesinambungan dalam satu tujuan here and now. Artinya, gue memaknai kemerdekaan RI yang ke-74 dengan harapan bahwa masyarakat, pengusaha, serta wakil rakyat dan seluruh penduduk yang saat ini berada di wilayah Negara Indonesia disini dan saat ini dapat saling bekerja sama dalam mewujudkan Indonesia yang diimpikan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan kala itu.”- Diana Putri Anugrahani, YOT Solo.

Bunga Asih Pratiwi, Vice President YOT Solo Batch 5

“Merdeka versi gue itu ketika bisa bebas menghirup udara tanpa polusi, bisa jogging tanpa harus pake masker, ketika generasi muda dengan bangga memakai batik meskipun sedang hangout ke Mall dan ketika kita bisa share positive vibes ke semua orang di circle of life kita, berbagi ngga melulu dengan materi kok. Ilmu dan pengalaman bahkan dengan memotivasi lingkungan juga bisa kita bagikan kepada sesama untuk #MenujuIndonesiaUnggul.”- Diyah Astorini, YOT Tangerang.

Diyah Astorini - YOT Tangerang

“Mau berbagi pendapat ‘Merdeka Versi Gue’ nih. Kalo menurut gue, merdeka itu kita bebas menyebar impactful life ke lingkungan sekitar kita dan nggak lupa buat ngehargain orang-orang di sekitar, contohnya untuk bilang terima kasih dan tersenyum.” – Dwi Setyo Sulistyono, YOT Solo.

Dwi Setyo Sulistyono - YOT SOLO.

“Hari kemerdekaan versi gua sendiri adalah momen yang bersejarah & terpenting bagi suatu bangsa dan negara, termasuk Indonesia. Banyak cara yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan ini, seperti melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, peringatan atau pembacaan proklamasi, hingga perlombaan 17 Agustus-an.” – Muhammad Rifky Amada, YOT Banjarmasin.

Muhammad Rifky Amada - YOT Banjarmasin

“Merdeka Versi Gue itu saling toleransi dan mau terus belajar, mau menerima saran dan kritikan serta terus meilhat dari sudut pandang yang positif.” – Stefanus Purba YOT Medan.

Stefanus Purba YOT MEDAN

Nah, itu dia cara YOTers sebagai anak muda Indonesia memaknai kemerdekaan. Apapun makna kemerdekaan versi kalian, ingat bahwa tujuan merdeka ialah untuk #MenyatukanINDONESIA. Kalo kamu, apa sih makna kemerdekaan buat kamu?

4+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *