3 Hal Yang Dapat Meningkatkan Rasa Nasionalisme

17 Agustus diperingati sebagai  Independence Day oleh Indonesia. Iya, sejarah telah mencatat negara kita merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Tak ayal setiap tahun pada tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia melakukan serangkaian acara demi memeriahkan hari kemerdekaan ini. Nah YOTers, setiap tahun semakin bertambah usia negara kita diharapkan rasa nasionalis kita terhadap negara tidak memudar sedikitpun yah. Nah tapi nih tidak bisa terpungkiri kadang rasa nasionalis kita bisa memudar loh tanpa disadari atau tidak. Penyebabnya beraneka ragam sih ya, seperti jika kita melihat banyaknya permasalahan di negeri kita dan hal tersebut akhirnya bisa membuat kita kecewa  atau bisa juga akibat banyaknya janji-janji para pejabat yang enggan menepati janjinya dan kadang membuat kita bosan juga muak dengan hal seperti itu dan malah acuh tak acuh dengan permasalahan yang terjadi di negeri kita lagi. Dan parahnya itu membuat rasa cinta kita terhadap negara memudar.

Nah, berikut nih beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan rasa nasionalisme kita agar semakin terpupuk dan selalu cinta terhadap negara ya;

  1. Belajar Sejarah

Belajar Sejarah ini bisa dilakukan di sekolah ataupun dimana saja. Jadi gini guys, memang di sekolah ada mata pelajaran sejarah, namun jangan anggap belajar sejarah hanya cukup dan bisa dilakukan di sekolah saja ya. Kalian boleh banget loh belajar dimana saja. Misalnya baca buku mengenai sejarah negara kita. Dengan membaca, kalian jadi tahu banyak hal dan pikiran kalianpun terbuka. Sehingga dengan belajar sejarah itu kalian mengerti bagaimana perjuangan para pahlawan kita dulu dalam bersusah payah memerdekakan negara kita. Malu lah ya kalau sudah tahu perjuangan mereka lalu kita abai sama kondisi negara kita saat ini.

Photo by Siora Photography on Unsplash

Jadi, dengan belajar sejarah kita jadi menghayati perjuangan pahlawan dan semakin cinta terhadap negeri kita

2. Mendengarkan Lagu-lagu Wajib Nasional

Photo by Pixabay.com

Selain belajar sejarah, mendengarkan lagu wajib nasional sepertinya perlu banget untuk meningkatan rasa cinta kita terhadap negara. Seiringnya bertambah zaman, semakin  tidak bisa terkendalikan banyaknya budaya-budaya masuk ke negara kita. Begitu pula dengan musik, masyrakat kita jadi banyak yang mengonsumsi lagu-lagu dari barat.  Tidak ada salahnya sih sebenarnya mendengarkan lagu barat Cuma  dikhawatirkan kalau keseringan bisa-bisa kita jadi tidak punya kontrol  dan yang bahayanya  malah lupa akan lagu-lagu dalam negeri sendiri, khususnya lagu wajib nasional. Nah tanpa disadari rasa nasionalis kita terkikis deh .Dan bisa aja lupa dengan lagu wajib nasional negara kita loh guys.

Jadi, gak ada salahnya nih kalian puterin lagi dan dengerin lagi lagu wajib nasional agar balancedan rasa nasionalis kalian tidak memudar yah

3. Melestarikan Budaya Daerah

Di era yang semakin berkemajuan ini tak mudah mempertahankan sesuatu yang sudah sejak dulu ada dan tumbuh di negara ini loh guys. Kenapa? Sebab banyaknya hal-hal yang keluar masuk bebas membuat masyarakat mempunyai pilihan yang kompleks terhadap apapun. Nah begitu juga dengan kebudayaan daerah. Dengan banyaknya budaya yang keluar masuk tak ayal jarang sekali anak muda andil dalam melestarikan budaya tempatnya berasal loh, karena mungkin dirasa ada hal yang lebih menarik ketimbang merawat dan melestarikan budaya daerah.

Photo by Pixabay.com

Nah, jika kita mau belajar dan melestarikan budaya daerah justru membuat kita bangga terhadap kekayaan dan keunikan dari budaya-budaya per daerah ini. Sehingga jika kita saja sudah memiliki rasa bangga terhadap daerah kita, otomatis semakin cinta dong kita terhadap negara. Kan daerah itu bagian dari negara, artinya di dalam negara terdapat daerah-daerah dimana kita berasal.

Nah itu guys yang bisa ku share mengenai 3 hal yang bisa menumbuhkan rasa nasionalis kita. Semoga bermanfaat yah. Semoga kita tetap menjadi pemuda yang penuh cinta terhadap bangsa dan berarti terhadap negeri. Dirgahayu negeriku Indonesia, Kami pemuda selalu cinta padamu, Tanah airku.

5+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *