Bagaimana Membangun Sebuah Tim yang Efektif

Memiliki sebuah tim yang tepat tentu jadi keinginan setiap orang, baik tim saat mengerjakan tugas kelompok, organisasi hingga tim dalam bekerja. Begitu pula saat kamu ingin membangun sebuah bisnis, kamu tentunya ingin memiliki tim yang solid untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu. Masa depan bisnis terletak pada bagaimana tim tersebut berjalan. Lalu, bagaimana membangun tim yang tepat dan efektif? Berikut ini poin yang berpengaruh terhadap bagaimana sebuah tim bisa berjalan dengan efektif dilansir dari Inc.com:

  1. Sikap seseorang berpengaruh terhadap kinerja tim. Jika di dalam tim kamu ada seseorang yang memiliki sikap kurang baik, jangan ragu untuk menegur agar ia menjadi pribadi yang lebih baik. Sikap seseorang sangat berpengaruh terhadap kontribusi dan kinerja mereka dan tentunya hal tersebut berdampak pada apa yang mereka hasilkan dan mereka berikan terhadap bisnis kamu. Poin ini sering dihadapi bahkan saat di awal kamu memulai bisnismu. Lakukanlah yang terbaik untuk kelangsungan bisnismu.
  2. Kepercayaan harus dimiliki antar pribadi. Saat kamu memberi sebuah pekerjaan kepada seseorang, berilah sebuah kepercayaan bahwa ia dapat menyelesaikan tugas tersebut. Komunikasikan apa yang kamu butuhkan, bagaimana mereka harus menyelesaikannya, lalu biarkanlah mereka mengerjakan tugas tersebut. Komunikasi yang berkelanjutan dan konsisten sangat penting untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki tujuan yang sama.
  3. Memberi ruang untuk tim berkreasi. Kamu tidak bisa menuntut tim kamu untuk bekerja sesuai dengan dirimu, maka dari itu kamu harus memberikan ruang bagi tim kamu untuk berkreasi dan membiarkan mereka bekerja sesuai dengan kreativitas mereka. Hal ini bisa membantu kamu dan tim dalam mengembangkan ide bisnis. Dengan memberikan ruang, tim kamu juga bisa berjalan lebih produktif.
  4. Berilah apresiasi kepada anggota tim kamu yang mampu bekerja dengan baik. Karena, dibalik hasil yang berikan pasti terdapat proses dan kerja keras. Jika mereka diberikan apresiasi, maka mereka akan merasa dihargai dan terus termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Apresiasi ini pula yang akan meningkatkan loyalitas, kesetiaan dan komitmen tim.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *