Sikap dan Etika, Poin Penting dalam Karir dan Bisnis

Dalam karir maupun bisnis, penting untuk memperhatikan sikap dan etika kita. Karena, bagaimana pun juga, sikap dan etika yang gak baik akan menimbulkan suasana kantor yang gak nyaman. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap lingkungan kerja dan reputasi perusahaan yang negatif. Nah, berbicara mengenai etika nih, YOTers, dilansir dari Entrepreneur.com bahwa etika bisnis sendiri bisa menentukan bagaimana komunikasi yang tepat dan bertujuan untuk membangun hubungan positif yang memungkinkan lingkungan kerja berfungsi dengan cara yang paling menguntungkan bagi semua pihak, baik internal maupun eksternal. Nah, etika yang harus dikembangkan adalah dengan menghormati, memotivasi dan menginspirasi satu sama lainnya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Lalu bagaimana menciptakan sikap dan etika yang baik? Untuk menciptakan etika yang baik tersebut, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan nih YOTers. Pertama, kamu harus memperhatikan pesan non verbal yang kamu lakukan, seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Karena, pesan non verbal ini berpengaruh terhadap arti pesan yang akan diterima oleh lawan bicara kita. Jangan sampai pesan non verbal ini menciptakan persepsi atau asumsi yang salah.

Kedua, hindari miss komunikasi. Komunikasi yang efektif tidak akan tercapai sampai pesan yang dikirim dapat diterima dengan jelas. Jadi, pikirkan lagi apa yang ingin kamu sampaikan, begitu juga dengan pesan yang kamu dapatkan. Tanyakan dan klarifikasi kembali pesan sebelum membuat kesimpulan. Gak hanya komunikasi secara langsung, komunikasi melalui medium, seperti handphone juga harus kamu perhatikan kembali sebelum dikirim ya. Karena, sering kali miss komunikasi terjadi saat kita tidak berinteraksi langsung dengan lawan bicara kita.

Kedua hal tersebut berpengaruh terhadap sikap dan etika kita di kantor lho, YOTers. Karena, sikap dan etika kita di kantor dibentuk dari bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain. Contoh mudahnya, kalau setiap hari kamu selalu menunjukkan ekspresi wajah yang kurang menyenangkan, orang lain bisa menunjukkan sikap yang kurang baik juga ke kita. Kalau kita selalu salah dalam menyampaikan pesan, orang lain bisa menunjukkan etika yang gak baik juga ke kita.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *