Prinsip Penting Buat Kamu yang Mau Bangun Startup Sendiri

Prinsip Penting Buat Kamu yang Mau Bangun Startup Sendiri

Bangun bisnis itu gak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu juga dalam membangun Startup, ada beberapa prinsip penting yang perlu diketahui biar ngebangun sekaligus ngejalanin bisnisnya lancar. Apalagi sekarang banyak banget Startup bermunculan yang didirikan sama anak muda. Wah, penting banget tuh buat tau apa aja prinsip yang harus dipunya saat mau ngebangun bisnis, khususnya Startup. Apa aja? Ini dia:

  1. Fokus Kepada Tim

Ngebangun bisnis itu gak mudah. Maka dari itu, penting banget punya tim yang solid dan mau diajak bekerjasama apalagi saat menemui hambatan dalam mengembangkan bisnismu nanti. Karena, dibalik kesuksesan bisnis itu gak terlepas dari peran tim yang ada di dalamnya. Nah, bangunlah Startup kamu dengan satu atau dua partner bisnis yang punya visi misi dengan kamu. Seiring dengan berkembangnya Startup kamu, mulailah hire karyawan secara bertahap untuk menciptakan tim yang solid untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnismu.

  1. Tentukan Identitas Produk

Dengan memfokuskan identitas produk, maka akan meningkatkan margin keuntungan dari bisnis kamu. Fokuslah pada bisnis yang dapat menyelesaikan masalah, bukan sekadar bisnis yang ikut-ikutan trend aja. Karena, bisnis yang bisa menyelesaikan masalah berpeluang lebih besar untuk sustainable dibandingkan yang hanya ikut tren aja. Karena, yang berfokus pada masalah itu bisa terus berinovasi untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Buatlah identitas produk yang berbeda dari bisnis serupa lainnya. Cari unique point dari Startup yang kamu dirikan. Misalnya kamu mendirikan Startup di bidang agrikultur, maka carilah poin berbeda dari bisnis kamu tersebut dengan Startup serupa di bidang yang sama. Lalu tentukan juga siapa target market-nya, buat strateginya, sampai buat timeline-nya. Buat kamu yang masih awam, rajin-rajinlah ikut talkshow, seminar, browsing, nonton video atau dengerin podcast yang membahas tentang branding supaya kamu dapet banyak insight.

  1. Kuatkan Visi dan Komitmen

Poin yang gak kalah penting tapi kadang suka dilupain. Banyak bisnis baru yang akhirnya berguguran karena founder-nya gak punya visi yang sejalan dan komitmen yang kuat. Padahal poin ini adalah modal terbesar dalam membangun bisnis. Visi dan komitmen ini yang bisa menguatkan kamu saat kamu menemui hambatan nantinya dan jadi pengingat saat kamu pengen nyerah. Balik lagi ke poin nomor satu, itulah kenapa pentingnya punya partner bisnis yang punya visi misi yang sejalan sama kamu.

Nah itu dia prinsip penting saat mau ngebangun bisnis, khususnya Startup. Semangat buat kalian yang sedang merintis bisnis kalian ya!

2+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *