Pekerjaan Yang Cocok dengan Kepribadianmu

Akan memasuki dunia kerja, tapi masih bingung mau kerja apa? Bahkan ketika sudah kerja, kamu merasa sepertinya pekerjaanmu tidak cocok dengan diri kamu? Masih bingung, kira-kira pekerjaan yang kamu inginkan akan cocok atau tidak sama kamu? Ternyata, kamu bisa mencocokan pekerjaan kamu dengan kepribadianmu, lho. Dikutip dari Kompas.com, berikut ini daftarnya:

  1. Tipe Realistik

Tipe ini digambarkan sebagai orang yang memiliki skill bekerja dengan mesin, alat atau binatang dan menghindari aktivitas sosial seperti mengajar, penyembuhan dan penyuluhan. Orang dengan tipe ini akan menganggap dirinya sebagai pribadi yang praktis, mekanis dan realistis. Contoh pekerjaan yang cocok dengan tipe ini ialah pilot, insinyur dan petugas polisi.

 

  1. Tipe Investigatif

Tipe ini dijabarkan sebagai orang yang gemar dan pandai memecahkan masalah serta menghindari pekerjaan yang sifatnya memimpin, menjual atau memersuasi orang lain. Ia akan melihat dirinya sebagai seseorang yang presisi, scientific dan intelektual. Contoh pekerjaan yang sesuai dengan tipe ini adalah ahli kimia, dokter gigi, physician, ahli matematika.

 

  1. Tipe Artistik

Sesuai dengan namanya, tipe ini sangat menyukai kegiatan di bidang seni, drama, keterampilan tangan dan menulis sastra. Tipe ini umumnya akan menghindari aktivitas yang rutin, berulang dan bersifat highly ordered. Ia akan melihat dirinya sebagai pribadi yang ekspresif, orisinal dan independen. Contoh pekerjaan yang cocok ialah desainer, pakaian, penari, composer, editor buku dan graphic designer.

 

  1. Tipe Sosial

Sudah bisa dipastikan, tipe kepribadian ini gemar menolong sesama serta pandai melakukan kegiatan seperti mengajar, konseling, merawat atau memberi informasi. Tipe ini akan menghindari pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, alat atau binatang. Ia akan menilai dirinya sebagai pribadi yang suka menolong, bersahabat dan bisa dipercaya. Contoh pekerjaan yang sesuai adalah guru, konselor, perawat dan pekerja sosial.

 

  1. Tipe Enterprising

Tipe ini suka memimpin, memengaruhi orang lain dan menjual gagasan serta akan menghindari aktivitas yang membutuhkan observasi mendalam dan pemikiran analitis. Tipe ini akan melihat dirinya sebagai pribadi yang enerjik, ambisius dan bisa bersosialisasi. Contoh pekerjaannya adalah sales, agen real estate, pengacara, hakim dan manajer hotel.

 

  1. Tipe Konvensional

Tipe ini gemar bekerja dengan angka-angka, berkas-berkas dan segala yang serba teratur. Tipe ini menghindari aktivitas yang tidak terstruktur dan tidak jelas. Ia akan menganggap dirinya sebagai pribadi yang teratur dan mengikuti sistem yang sudah baku. Contoh pekerjaannya adalah sekretaris dan teller bank.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *