Tips Menciptakan First Impression yang Baik

Dalam dunia karir maupun bisnis, first impression atau kesan pertama sangatlah penting. Hal ini berpengaruh terhadap bagaimana kamu akan dilihat dan direspon oleh orang lain. Dilansir dari Entrepreneur.com, alasan mengapa kesan pertama begitu kuat adalah bahwa otak manusia menilai informasi secara berurutan. Untuk menciptakan first impression yang baik, ada banyak penelitian tentang apa yang bisa dilakukan oleh komunikasi verbal maupun non verbal. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Perhatikan Penampilan dengan Benar

Penampilan fisik dan bagaimana cara berpakaian mempengaruhi cara penilaian orang terhadap karakter dan kemampuan dirimu. Pastikan penampilanmu bersih dan rapi ya dan jangan lupa berpakaian dengan tepat sesuai dengan jenis pekerjaan dan budaya perusahaan.

  1. Perhatikan Postur Tubuh

Jangan lupa untuk memperhatikan postur tubuhmu, karena postur tubuh berpengaruh terhadap persepsi orang lain mengenai apakah kita memiliki ketertarikan untuk bisa kenal dan berkomunikasi dengan orang lain. Postur tubuh juga mencerminkan bagaimana responmu terhadap suatu situasi.

  1. Perhatikan Gerakan Tangan

Tangan adalah isyarat yang terlihat bagi orang lain untuk melihat niat dan ketulusan kita. Jabat tangan tidak hanya meningkatkan efek positif terhadap interaksi yang menguntungkan, tetapi juga mengurangi dampak dari kesan negatif. Jabat tangan juga bisa memberi dorongan untuk mengurangi dampak negatif dari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

  1. Buat Kontak Mata

Kontak mata bisa membuatmu tampak lebih jujur, mudah diingat, lebih persuasif dan membangun hubungan yang lebih kuat. Perhatikan porsi dari kontak mata ini ya. Karena, jika terlalu banyak akan menjadi sesuatu yang konfrontatif atau menyeramkan. Sedangkan terlalu sedikit akan membuatmu terlihat malu-malu atau memiliki hal yang disembunyikan.

Nah, perhatikanlah hal-hal di atas untuk menciptakan first impression yang baik. Karena, first impression akan mencerminkan tingkat kepercayaan kita terhadap orang lain maupun sebaliknya.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *