Memahami Visi dan Misi dalam Analogi Sederhana Ini

Kamu pasti pernah mendengar kata visi dan misi. Sekilas, saat kita membaca visi dan misi sebuah perusahaan atau korporasi, kita menganggapnya sama. Tapi, sebenarnya kamu tahu gak keduanya itu memiliki perbedaan. Nah, untuk memudahkan kamu dalam membedakan visi dan misi, ada analogi sederhana yang bisa kamu simak berikut ini.

Sebelum masuk ke dalam visi dan misi, kita buat analogi singkatnya terlebih dahulu. Bayangkan kamu adalah pemilik kendaraan rekreasi besar yang dapat menampung penumpang hingga 10 orang dengan nyaman. Lalu kamu memutuskan untuk mengendarai kendaraan tersebut dari Jakarta – Bandung – Semarang – Yogyakarta – Malang dan mengundang beberapa teman untuk ikut serta. Kamu memberitahu teman-temanmu bahwa, jika ingin ikut, ada beberapa syarat yang harus diketahui. Pertama, kamu tidak memperbolehkan anak kecil ikut serta karena alasan kenyamanan dan keamanan. Kedua, kamu memberitahu bahwa kamu tidak akan mengemudi lebih dari lima jam per hari, sehingga waktu yang akan ditempuh mencapai 10 hari. Terakhir, selama perjalanan, kemungkinan kamu akan mampir di beberapa tempat.

Nah, dari analogi tersebut, sekarang kita akan bedah ceritanya untuk membedakan visi dan misi. Visi yang dimaksud dalam cerita di atas adalah kamu memberi tahu teman perjalananmu kemana saja kamu akan pergi, yakni dari Jakarta – Bandung – Semarang – Yogyakarta – Malang. Siapa pun yang memiliki tujuan yang sama dapat turut serta dalam perjalanan ini.

Sementara itu, misi yakni mampu menetapkan prioritas untuk perjalanan dan merinci persyaratan yang harus diikuti oleh setiap penumpang yang ikut. Jika mereka tidak mampu mengikuti persyaratan yang diberikan, maka sebaiknya mereka tidak ikut perjalanan ini.

Dari analogi tersebut tentunya kamu bisa menangkap kan perbedaan dari visi dan misi? Visi dan misi ini mampu memotivasi teman-temanmu dan membuat mereka bersemangat saat menetapkan harapan penting untuk perjalanan panjang. Gambaran ini juga lah yang ada di dalam sebuah bisnis. Kamu harus tahu jelas tentang ke mana tujuan perusahaanmu.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *