Membangun Kompetisi yang Sehat di Kantor

Saat bekerja, pasti kamu pernah dihadapkan dalam sebuah persaingan atau kompetisi yang terkait dengan performa bekerja. Walaupun sebenarnya kompetisi itu tidak diperbolehkan, karena ditakutkan akan menimbulkan efek negatif terkait hubungan antar karyawan satu sama lain yang berpengaruh terhadap performa dalam bekerja. Tapi, kita juga gak bisa memilih atau menentukan kondisi di kantor seperti apa. Jadi, mau gak mau kita harus menjalani ‘kompetisi’ ini. Tapi, dilansir dari Entrepreneur.com, ada tips untuk membangun kompetisi yang sehat di kantor.

  1. Jangan terlalu serius menanggapi sebuah kompetisi. Fokus saja dengan pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Pujian dari atasan akan datang dengan sendirinya jika kamu mampu menyelesaikan pekerjaanmu dengan tepat dan cepat.

 

  1. Hilangkan kompetisi dengan berdiskusi. Bayangkan deh, pasti akan lebih menyenangkan jika kamu mampu berdiskusi dan bekerja sama dengan partner kerjamu untuk menyelesaikan tugas bersama. Gak usah ingin terlihat menonjol dari yang lainnya. Cukup bekerja dan tunjukkan kapasitas dirimu.

 

  1. Kuatkan motivasi diri. Jangan sampai kamu punya motivasi untuk menjatuhkan orang lain saat bekerja. Karena, kamu pun pastinya juga gak suka diperlakukan demikian. Nah, tentukan motivasi bekerjamu dengan baik, kuatkan motivasi diri dan jauhkan dirimu dari kompetisi.

 

  1. Bedakan mana pengakuan dan tujuan. Pengakuan itu adalah bonus dari kerja keras yang kamu lakukan. Jangan jadikan pengakuan itu sebuah tujuan. Tujuanmu adalah harusnya membuat perusahaan tempatmu bekerja bisa berkembang karena kontribusi yang kamu berikan.

 

  1. Ciptakan budaya saling memiliki. Dengan menciptakan dan membiasakan kebudayaan ini, gak ada lagi deh istilah berkompetisi. Karena semuanya fokus untuk bekerja dalam mencapai tujuan bersama.

 

  1. Buat hal-hal yang menyenangkan. Contohnya adalah dengan mengadakan sebuah perlombaan yang tujuannya untuk meningkatkan kerjasama tim. Nah, dengan hal ini rasa saling memiliki satu sama lainnya juga bisa tercipta.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *