Bagaimana Membentuk Seorang Pemimpin

Kamu pasti pernah menjadi seorang pemimpin di dalam sebuah tim. Dimulai dari pengalaman menjadi ketua kelompok, memimpin sebuah rapat, project kantor dan sebagainya. Nah, saat masuk ke dunia profesional, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai peran sebagai pemimpin tim. Karena, menjadi seorang pemimpin harus ada feedback positif yang kamu berikan baik ke diri kamu sendiri maupun tim kamu. Lalu, bagaimana membentuk seorang pemimpin yang baik, secara kecakapan maupun attitude? Berikut ulasannya dilansir dari Medium.com:

  1. Melihat contoh atau tipe kepemimpinan. Kamu pasti punya pemimpin yang kamu idolakan. Coba deh kamu pelajari tipe kepemimpinan yang diterapkan olehnya. Kamu juga bisa belajar kepemimpinan dari guru, dosen atau atasan kamu. Belajar itu bisa dari mana saja dan kapan saja.

 

  1. Jangan berhenti menantang diri. Kalau bisa jadi seorang pemimpin, kenapa kamu hanya memilih sebagai seorang anggota saja? Mulai lah belajar dari memimpin sebuah kelompok kecil atau organisasi. Soft skill ini sangat berguna untuk dunia kerja nantinya.

 

  1. Percaya jika kamu mampu melakukannya. Percaya diri atas kemampuan yang kamu miliki. Kebanyakan orang tidak mau jadi pemimpin karena ragu akan kemampuan dirinya sendiri. Hilangkan asumsi dan rasa pesimis ini dengan mencoba ya, YOTers. Kamu gak akan pernah tahu kemampuan dirimu jika kamu tidak mencobanya.

 

  1. Coba pecahkan masalah kecil. Melatih kemampuan sebagai pemimpin dimulai dari kemampuan menganalisa sebuah masalah dan mampu memecahkannya. Karena, saat menjadi pemimpin nantinya kamu akan menemukan berbagai masalah yang tak terduga. Tentunya kamu harus menyelesaikan masalah tersebut dengan segera.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *