Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

Selamat Hari Olahraga Nasional! Kamu tau gak kalo setiap tanggal 9 September, Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas). Lahirnya Haornas sendiri berawal dari diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9-12 September 1948 di Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Nah, dipilihnya tanggal 9 September sebagai Haornas karena di tanggal ini jadi pembukaan PON yang diselenggarakan pertama kalinya tersebut.

Ngomongin soal olahraga, tentunya kita udah tau dong kalo banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga. Selain badan lebih sehat, kita juga bisa lebih fokus, lebih berenergi dalam beraktivitas sehari-hari. Olahraga juga punya dampak baik dalam jangka panjang lho, YOTers. Mungkin sih sekarang gak begitu kerasa, tapi pas udah tua nanti, kita bakal ngerasain dampak baiknya berolahraga.

Nah, YOTers juga mau berbagi tentang pentingnya olahraga nih. Yuk kita simak, biar kita juga makin semangat buat berolahraga!

 

“Halloo YOTers! Selamat Hari Olahraga Nasional tanggal 9 September 2019. Perkenalkan nama saya Deden Dwi Rali Sandu dari Young On Top Jember. Menurut saya hal pertama kali yang ada di pikiran saya saat berbicara tentang olahraga adalah ‘sehat’. Seperti yang ada di buku Young On Top Updated: 40 Kunci Sukses di Usia Muda. Pada point ‘Be Healthy’, Pak Billy Boen berkata “Mengejar kesuksesan dalam berkarir itu penting. Tapi, percaya deh, hidup sehat lebih penting. Kamu tidak akan bisa menikmati hidup ini kalau kamu tidak sehat. Sadar akan pentingnya hidup sehat adalah yang terpenting.” Jadi menurut saya, olahraga itu penting! Karena olahraga bagian dari pola untuk hidup sehat, membuat kita fresh kembali, tidak gampang sakit, tidak mudah lemas, letih lesu dan setelah berolahraga kita jadi semangat kembali untuk melakukan semua aktivitas .

Olahraga yang saya sukai yaitu berenang dan senam. Kenapa suka sekali berenang? Dulu saya sempat tenggelam karena tidak bisa berenang. Dari situ saya mencoba untuk terus belajar, belajar dan belajar berenang.  Sampai akhirnya berenang sudah menjadi aktivitas rutin saya setiap weekend kalau di rumah. Dan ketika saya berenang, saya merasakan ketenangan tersendiri dan membuat badan saya jadi fresh kembali. Olahraga kedua yang saya sukai adalah senam. Kenapa senam? Karena menurut saya hal yang harus dilakukan wanita ketika sedang diet bukan pola makan saja yang di jaga, tetapi kesehatan dan kebugaran badan juga harus kita jaga. Dengan senam secara rutin juga bisa mengurangi berat badan lhoo. Kalau senamnya sungguh-sungguh dan pola makan beneran kita jaga. So, buat kalian para wanita yang ingin sekali menurunkan berat badan, aku kasih tips untuk melakukan senam secara rutin, minimal 1 kali dalam seminggu.” – Deden Dwi Rali Sandu, Young On Top Jember.

Deden - YOT Jember - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Hi YOTers! Perkenalkan, aku Ica. Dari sekian banyak olahraga di dunia ini, aku suka banget yang namanya jogging. Menurutku, jogging itu olahraga yang paling menyenangkan dan ngebuat suasana hati tenang. Untuk urusan jogging terbilang sangat cukup rutin karena aku melakukannya seminggu full pada pagi hari saat weekend dan sore hari pada saat weekday.

Bagiku olahraga sangat penting karena selain menyehatkan, menenangkan juga menyenangkan.

Menyehatkan pikiran, tenaga, dan waktu dari aktivitas yang melelahkan. Menenangkan hati dan jiwa yang sudah tidak dapat berkompromi. Menyenangkan karena selain bisa berinteraksi dengan sosial, aku juga bisa melihat orang-orang di sekitar yang bisa mengubah aku jadi manusia yang lebih baik.” – Ica, YOT Semarang.

Ica - YOT Semarang - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Halo! Ngomongin tentang olahraga emang gak ada habisnya ya. Penting banget buat jaga kesehatan loh. Semenjak menjadi mahasiswa angkatan tua, rutinitas aku tiap pagi berubah. Olahraga aku lakukan itu aerobic! Tiap pagi bangun jam 7 langsung ke tempat senam sampe jam 9. Itung-itung buat memperlancar diet lah ya hahaha. Sadar gak sadar olahraga selain menjaga kesehatan tubuh juga bisa menjaga kesehatan mental lho. Olahraga dibawa enjoy lah yaa.. Jangan lupa olahraga temen-temen!” – Muthia Auralia, YOT Purwokerto.

Muthia - YOT Purwokerto - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Hallo, aku Navasa dari Bengkulu dan ini pendapat aku mengenai olahraga. Aktivitas yang aku sukai itu salah satu nya jalan, iya jalan kaki tentunya. Selain itung-itung olahraga, jalan kaki juga jadi alternatif aku buat refreshing. Biasanya ini ya aku jalan kaki nggak kenal waktu, jadi bukan hanya sekali seminggu atau sekali setahun saat event aja. Untuk jalan kaki aku selalu lakuin tiap hari dan hampir kemana-mana aku selalu jalan kaki, apalagi aku anak kostan yang nggak punya kendaraan. Baik ke kampus, ke pasar, ke tempat teman jika emang waktunya memungkinkan ya pasti aku jalan kaki.

Bagi aku jalan kaki itu udah kayak lifestyle aku banget. Kalau gak jalan kaki sehari aja rasanya udah ada yang kurang aja gitu. Nggak kenal hujan, panas, malam, pagi atau tengah hari selagi ada kesempatan buat jalan dan punya tujuan tempat, ya langsung jalan. Positifnya dengan jalan kaki, selain melatih fisik dan kekuatan otot kaki, aku juga bisa melihat dan menikmati alam juga lingkungan sekitarku bahkan memperhatikan kultur budaya serta kesibukan masyarakat yang aku temui. Ya, mungkin itu juga salah satu bentuk kontribusi aku menjaga alam ini dengan mengurangi penggunaan BBM yang dapat membuat asap tak baik buat kesehatan dan tentunya aku lebih dapat menghargai waktu, karena berjalan kaki aku harus pergi lebih awal untuk sampai ke tujuanku.” – Navasa, YOT Bengkulu.

Navasa - YOT Bengkulu - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Olahraga yang paling aku suka sejak kecil adalah berenang. Hal yang membuat aku suka adalah mampu meringankan beban dalam pikiran seperti stress atau tugas yang lagi menumpuk. Selain itu, berenang adalah salah satu olahraga yang sangat mudah karena tidak perlu memerlukan alat bantuan yang mahal untuk melakukannya, hanya bermodalkan air dan swimsuits saja. Selain itu, berenang akan meningkatkan ketahanan sistem pernapasan kita. Pengalaman aku ketika jarang renang adalah napas terasa sesak dan mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk. Jika badan terkena flu dan batuk aku biasanya menyembuhkan dengan renang. Dilansir dari alodokter.com, ternyata selain untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan, diantaranya berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri. Maka dari itu selain kesibukan kuliah dan kegiatan ekstra kampus, aku sempatkan berenang di pagi hari agar konsentrasi tetap terjaga dan fresh sepanjang hari. Itulah alasan pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh kita semua.” – Ratna Tri Shinta, YOT Solo.

Ratna, YOT Solo - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Olahraga yang gue suka itu berenang. Minimal sih sebulan sekali. Berenang tuh olahraga yang ringan banget karna selagi rilex ya bisa main air juga. Gak beban ngejalaninnya sdan olahraga itu penting banget. Walaupun sekedar 15 menit, tapi kalau rutin, worth it. Soalnya bikin fisik kita sehat, gak gampang lemah atau capek, pikiran jernih juga ngebentuk tubuh dan bisa bikin kurus.” – Salma Mei, YOT Purwokerto.

Salma Mei - YOT Purwokerto - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Olahraga yang aku suka sampai sekarang adalah badminton. Aku nggak terlalu rutin badminton-an sih, mungkin cuma sebulan sekali bareng keluarga di sekitar lingkungan komplek. Walaupun aku nggak terlalu rutin olahraga, tapi bagi aku olahraga itu penting banget karena itu salah satu cara menjaga kebugaran tubuh, terus bisa meningkatkan daya tahan tubuh jadi nggak mudah sakit. Olahraga bareng keluarga juga bikin hubungan sama keluarga tambah harmonis.” – Windi, Presiden YOT Palembang.

Windi - YOT Palembang - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Kalau ngomongin olahraga yang saya suka sebenernya saya suka semua olahraga. Kalau sama temen-temen lebih sering futsal dan voli. Kalau sama keluarga lebih sering bersepeda. Setiap weekend seminggu sekali minimal bersepeda malem-malem keliling kota Solo sambil menikmati suasana solo di malam hari. Olahraga menurut ku sangat penting sih dilakukan, karena kalau jarang olahraga badanku lebih sering gampang capek dan pegel-pegel dan pola hidup pun nggak sehat kalau kurang olahraga.” – Brama, YOT Solo.

Brama, YOT Solo - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Saya ingin menyampaikan perihal mengenai kesehatan, terutama tanggal 9 September ini adalah Hari Olahraga Nasional dan kebetulan tuan rumahnya adalah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Olahraga yang saya sukai adalah lari dan badminton, karena saya pernah masuk di Djarum Foundation. Dalam aktifvitas kesibukan mengurus YOT, organisasi, pekerjaan, dan studi, saya juga memerlukan kesehatan tubuh yang seimbang. Bagi saya, dalam aktivitas sehari-hari olahraga itu sangat penting. Sebuah penelitian membeberkan beberapa fakta, bahwa orang Indonesia adalah salah satu negara yang malas dalam hal menjaga kesehatan dan kurang berolahraga.

Mengapa sangat penting olahraga? Dari saya sendiri, pentingnya menjaga kondisi tubuh dengan stabil dan kondisi sehat, menjaga pola makan dan tentunya rutin olahraga. Saya berolahraga paling minim 2x seminggu. Setiap jam 5 pagi (sekitar 20 menit) itu waktunya yang sangat cukup singkat untuk olahraga seperti melakukan gerakan olahraga ringan. Menurut saya, melaksanakan rutinitas olahraga tidak perlu menunggu waktu yang tepat dan berlama-lama. Cukup 20 menit dalam satu hari kita meluangkan waktu untuk berolahraga dan selanjutnya makan-makanan sehat. Itulah yang saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, sekarang saya merasakan bahagia sukacita walaupun aktivitas padat setiap minggu, tetapi saya bersyukur diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk merawat diri yaitu dengan olahraga, banyak manfaat yang kita dapatkan ketika olahraga (ingat: 20 menit itu cukup membuat diri kita sehat).” – Daniel Saputra, Presiden YOT Banjarmasin.

Daniel - YOT Banjarmasin - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Gue suka banget silat. Minimal 2x seminggu gue selalu rutin latihan silat. Selain buat self-defense, silat bisa melatih kepekaan gue terhadap lingkungan sekitar gue. Selain itu, setelah gue rutin latihan silat, badan gue terasa lebih bugar dan ngga gampang sakit. Ini karena silat membuat tulang dan otot lo jadi lebih lentur tapi kuat. For your information, silat adalah olahraga asli Indonesia loh, silat mulai diperkenalkan ke khalayak umum lewat beberapa media salah satunya adalah film. Animo masyarakat akan silat jadi tinggi, silat semakin dikenal di Indonesia bahkan mancanegara, gue jadi makin semangat deh latihan silatnya hehehe :D” – Suci Astin Kurniati, YOT Solo.

Suci Astin Kurniati, YOT Solo - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

 

“Sejak gua kecil, dulu gua udah suka banget main bola. Sejak SMA gua udah menekuni olahraga futsal, karena futsal adalah hobi gua. Saat ini gua futsal di Futsal Teknik UNS, dalam seminggu gua latian 2x. Dari futsal gua juga bisa dapet temen baru yang tentunya makin bisa bikin gua open-minded banget dong. Futsal juga bisa ngelatih mental gua, lewat kompetisi-kompetisi yang pernah gua ikuti jadi semakin pede kalo tiap menghadapi situasi-situasi yang belom pernah gua alami dan tentunya lewat olahraga futsal membuat kondisi tubuh jadi semakin kuat beda sama temen-temen gua yang ga olahraga haha.” – Mohammad Fahmi Luthfi, YOT Solo.

Mohammad Fahmi Luthfi – YOT Solo - Kata Millennials Soal Olahraga: Hmm Penting Gak Sih?

Nah itu dia pendapat millennials yang diwakili YOTers tentang pentingnya olahraga. Semoga bisa memotivasi kamu buat lebih rajin berolahraga ya YOTers. Jangan males, karena dari olahraga gak cuma bikin badan kita sehat, tapi kita juga bisa dapet banyak temen dan siapa tau.. dapet pacar :p

Yuk share olahraga apa yang lagi kamu tekuni atau olahraga yang kamu suka dan jelasin kenapa penting banget olahraga di kolom komen ya!

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *