Berbagai Hal yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Resign

Seringkali kita dihadapkan dengan hal-hal yang bikin kita emosi saat bekerja. Lalu, kita sering memutuskan dengan cepat untuk resign. Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan sebelum kamu memutuskan untuk resign.

  1. Jangan Mengambil Keputusan di saat Emosi Berlebihan

Banyak nih kejadian yang gara-gara emosi sesaat, akhirnya timbul celetukan ‘ah, gue mau resign aja!’. Biasanya, celetukan ini muncul karena dapet teguran dari atasan yang gak sekali atau dua kali tapi berkali-kali. Lalu kamu ngerasa sakit hati dan emosi. Pikirkan matang-matang mengenai ucapanmu tersebut, janganlah mengambil keputusan di saat emosi kamu lagi gak karuan. Ya, yang ada nanti kamu akan menyesal kemudian.

 

  1. Apakah Kamu Sudah Berkontribusi Lebih?

Biasanya keputusan resign juga dari perasaan seperti ini ‘ah, percuma gue kerja tapi ga diapresiasi’. Coba tanyakan deh ke diri kamu, kontribusi apa yang sudah kamu berikan ke kantor sehingga kamu merasa perlu diapresiasi. Mungkin atasan kamu bukannya ’tidak’ tapi ‘belum’ memberi apresiasi karena menilai pekerjaan kamu belum maksimal.

 

  1. Apakah Ilmu di Tempat Kerja Sudah Kamu Serap?

Saat kamu ingin pindah ke tempat kerja baru, pastikan apakah semua ilmu yang kamu pelajari di kantor lama sudah kamu serap dengan baik. Banyak juga nih kasus resign di saat baru bekerja selama satu, dua atau tiga bulan. Pertanyaannya, memangnya kamu sudah dapat ilmu apa selama bekerja di waktu singkat itu? Baiknya, kamu sudah memiliki pengalaman minimal setahun untuk benar-benar bisa menyerap ilmu yang sudah kamu pelajari.

 

  1. Pindah Tempat Kerja Bukan Berarti Jadi Lebih Baik

Pindah tempat kerja berarti kamu harus menyesuaikan dirimu dengan budaya kerja yang baru, bagaimana ritme kerjanya. Kalau kamu udah terbiasa bekerja santai, terus di tempat kerja baru kamu harus bekerja cepat yang ada kamu gak betah dan pengen resign lagi. Begitu pun dengan teman-teman di kantor baru, belum tentu seasik teman kerja di kantor yang dulu.

 

  1. Pikirkan Lagi Berapa Banyak Orang yang Ingin Bekerja

Di saat kamu ingin resign, cobalah bersyukur dan renungkan serta pikirkan, ‘berapa banyak orang yang ingin bekerja di posisi kamu saat ini’. Begitu kamu keluar, sama aja kamu memberikan medali emas ke orang lain. Sesuatu yang berharga, kamu lepas gitu aja dan akhirnya sia-sia. Semakin hari jumlah pengangguran semakin banyak, lho. Kamu harus siap bersaing dengan puluhan ribu orang untuk mendapatkan satu jabatan.

 

Itu tadi hal-hal yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk resign. Gimana YOTers, kamu tetap mau resign?

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *