Boleh Gak Sih Fresh Graduate Nego Gaji Pas Interview Kerja?

Boleh Gak Sih Fresh Graduate Nego Gaji Pas Interview Kerja?

“Saya mau nego gaji, Pak. 10 Juta bisa?”

 

Eitsss ngomongin soal nego gaji, sebenernya boleh gak sih kita sebagai pelamar kerja nego gaji pas interview kerja? Khususnya buat fresh graduate nih, sebenernya sopan gak sih baru pertama kali masuk ke dunia profesional, belom punya pengalaman kerja tapi kok tiba-tiba main tembak aja pengen gaji berapa. Nanti disangkanya gak sopan, terus malah gak diterima kerja. Hmm biar kamu gak salah langkah nih, Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia punya jawabannya buat kalian nih. Yuk disimak!

 

Boleh gak sih nego gaji pas interview kerja khususnya untuk fresh graduate?

Nego gaji untuk fresh graduate ada baiknya sebenernya dan menurutku boleh aja, karena dia juga butuh tau hak apa yang didapatkan di perusahaan itu. Terus kalo untuk nego, kalo misalnya dia udah tau perusahaan ini angkanya ngasih sejumlah sekian tapi expected-nya dia jauh di atas itu, sebelum dia melontarkan nominal yang dia pengen, dia harus punya reason kenapa dia maunya segitu. Reason-nya bisa berupa dua hal ini:

  1. Skill, kemampuan apa saja yang dimiliki
  2. Jurusan kuliah, kalo dia merasa beban dan resiko pekerjaan lebih berat, boleh nego.

 

Gimana caranya fresh graduate bisa nentuin gaji yang pas buat dia?

Tentunya harus cari tahu dulu atau research dan kemudian harus percaya diri, ini maksudnya:

  1. Research, bisa tanya ke senior dia atau mungkin ke temen-temennya yang industrinya dan lingkup pekerjaannya sama. Jadi bukan cuma sekadar posisi tapi lingkungannya pun juga, maksudnya, satu posisi yang sama kalo di Startup dan big company, tentu aja berbeda gajinya. Jadi kalo dia nanya ke temennya yang kerja di Startup dan dia juga apply di Startup, nominal gajinya bisa dijadikan referensi.
  2. Terus kalo misalnya dia mau nego gaji, balik lagi ke seberapa percaya diri dia. Misalnya perusahaan nawar 4 juta tapi si kandidat nawar 4,5 juta, tapi si kandidat bisa kasih alasan kenapa dia mau segitu, itu menurut saya make sense. Menentukan gaji untuk fresh graduate memang agak riskan bagi HRD, tapi kalo si kandidat memang punya skill dan bisa membuktikan ya gak apa-apa.

Intinya kandidat harus komitmen dengan apa yang dia ucapkan ketika dia menentukan gajinya sendiri. Dia harus bisa membuktikan, karena kalo gak bisa, perusahaan bakal kecewa dan bakal panjang urusannya.

Boleh Gak Sih Fresh Graduate Nego Gaji Pas Interview Kerja?

Boleh kok fresh graduate nego gaji pas interview kerja, asalkan….

 

Gimana caranya HRD menentukan gaji yang tepat buat fresh graduate?

Dari skill-nya dan pas interview HRD punya pertanyaan-pertanyaan ‘menjebak’ yang misalnya harusnya job desk dia A, ternyata pas hasil interview-nya dia punya kemampuan B,C,D dan itu posibilitas kerjanya lebih tinggi daripada yang punya skill A aja. Dengan skill yang lebih banyak itu, pasti perusahaan juga akan menawarkan gaji yang lebih tinggi, karena kandidat yang bagus juga bakal dilirik perusahaan. Perusahaan juga tau kalo kita menawarkan gajinya standar, kandidat akan nolak dan pilih perusahaan yang menawarkan gajinya lebih tinggi.

Jadi untuk HRD bisa nentuin gaji yang pas, balik lagi ke kualifikasi pekerjaan yang diinginkan perusahaan dan apakah kandidat bener-bener bagus banget apa biasa aja. Kalo biasa aja ya perusahaan akan kasih gaji sesuai standar aja.

 

Kesalahan paling umum yang ditemuin dari fresh graduate saat nego gaji?

Nah ada tiga kesalahan yang paling sering aku temuin dari fresh graduate pas nego gaji:

  1. Saat nego gaji mereka gak bener-bener tau skill-nya apa. Sebenernya fresh graduate memang baru mau terjun di dunia kerja, bisa dibilang zero experience. Kalo dia nentuin gaji tanpa punya skill yang mumpuni, interviewer juga jadi malas untuk proses lebih lanjut. Kecuali di CV-nya ok banget dan saat interview dia bisa menjelaskan setiap aspek di CV-nya. Itu sah-sah aja.
  2. Gak research, standarnya seperti apa, dia punya skill apa, perusahaan butuh skill apa. Cuma cari tau standar gaji di Jakarta sekian dan lulusan ini standar gajinya sekian, padahal semua balik lagi ke hasil interview yang ternyata HRD bisa tau skil- nya dia apa aja, memenuhi kualifikasi apa ngga.
  3. Seenaknya nego gaji, hanya melihat dari sudut pandang mereka tanpa melihat sudut pandang perusahaan yang menilai mereka seperti apa.

Jadi, saat mau nego gaji pastikan kamu tau skill kamu apa dan cari tau dulu sebanyak-banyaknya.

 

Nah kalo nego gaji, si kandidat lebih baik nyebut angka fixed atau kisaran?

Better range, karena perusahaan akan lebih melihat si kandidat ngasih opsi. Jadi dari range gaji tersebut, nantinya perusahaan bisa menentukan gajinya dari penilaian hasil interview. Itu menurut saya juga lebih sopan dan profesional.

Semangat YOTers!

Boleh Gak Sih Fresh Graduate Nego Gaji Pas Interview Kerja?

Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia

 

Nah itu dia YOTers jawaban dari Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia mengenai boleh apa nggak fresh graduate nego gaji pas interview kerja. Jawabannya adalah boleh, tapi tentunya harus disertai alasan kenapa kamu mau gaji di angka tertentu. Jadi jangan main asal tembak aja ya. Semangat buat kamu yang sedang mencari pekerjaan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *