Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Membaca

Manfaat membaca

Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September mengingatkan kita mengenai pentingnya membaca. Sebagai jendela dunia, membaca buku itu punya banyak manfaat yang secara tidak kita sadari berpengaruh besar untuk ilmu pengetahuan diri kita.

Membaca itu emang selalu identik dengan buku tebal, kutu buku dan orang yang kuper alias kurang pergaulan. Maka dari itu, orang yang suka membaca selalu diasosiasikan dengan karakter yang cenderung pendiam dan susah untuk bergaul. Sehingga, bagi beberapa orang akhirnya berasumsi kalau membaca itu memang kegiatan yang bikin bosan. Padahal, membaca itu banyak banget manfaatnya, lho.

Kalau sejauh ini kamu mungkin beranggapan bahwa membaca hanya berdampak pada bertambahnya wawasan, nyatanya membaca itu juga berdampak baik bagi kesehatan, lho. Sebuah penelitian dalam National Academy of Sciences, menunjukkan bahwa membaca bisa mencegah kamu dari penyakit Alzheimer. Karena, dengan membaca kamu telah menggunakan kemampuan kognitif kamu.

Selain itu, membaca juga bisa menurunkan tingkat stress dalam diri kamu. Melalui penelitian Dr. David Lewis di University of Sussex, menunjukkan bahwa membaca lebih efektif dalam menurunkan stress dibandingkan dengan berjalan-jalan atau bermain games. Gak hanya itu, membaca juga bisa meningkatkan daya ingat kamu, lho. Lagi-lagi, karena kemampuan kognitif jadi terasah karena kamu membaca. Dalam sebuah penelitian Neurology, terbukti kok kalau orang yang membaca itu emang daya ingatnya lebih baik daripada mereka yang tidak pernah atau jarang membaca.

Membaca juga bisa membuat kamu memiliki sudut pandang berbeda terhadap suatu hal, lho. Saat kamu dihadapkan pada suatu hal, kamu bisa memandangnya dari sudut pandang yang lebih luas. Sehingga bisa membantu kamu dalam mengambil sebuah keputusan dan membuatmu jadi lebih fokus.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pentingnya membaca dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca. Perbanyak literasi juga dapat menambah inspirasi. Jadi, gak ada alasan lagi bagi kamu untuk gak mau baca. Karena, keuntungannya bagi kamu itu banyak banget lho, YOTers! Selamat Hari Kunjung Perpustakaan!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *