10 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja

10 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan di Hari Pertama Kerja

Hai YOTers! Siapa nih yang lagi nunggu momen-momen kerja di hari pertama? Hmm pasti deg-degan ya, karena ada rasa penasaran tapi juga takut. Wajar sih. Eh, tapi kamu mesti tau nih kalo di hari pertama kerja itu ada beberapa hal yang gak boleh kamu lakukan. Hmm apa aja tuh ya? Cekidot!

  1. Terlambat

Ini sih attitude dasar yang semua orang juga pasti tau, kalo hari pertama kerja itu jangan dateng telat. Kalo sampe telat, ini bakal mempengaruhi reputasi kamu ke depannya. Kamu bakalan dianggap orang yang sulit menghargai waktu alias gak disiplin. Dateng tepat waktu juga bisa menunjukkan semangat dan antusias bekerja kamu.

  1. Diem Aja

Anak baru bukan berarti gak mau tau apa-apa soal kantor baru. Pergunakan hari pertama kamu untuk cari tau soal budaya perusahaan, job desk kamu secara keseluruhan sampe bersosialisasi sama lingkungan. Jangan diem aja, terus gak makan, eh baru berapa hari kerja udah tipes.

  1. Ansos

Hari pertama kerja juga harus kamu maksimalkan dengan berbaur ke lingkungan kerja kamu. Jangan cuma kenal sama orang-orang yang satu divisi sama kamu aja, tapi harus kenal sama semua divisi. Gimana cara mendekatkan diri sama mereka? Ya dengan makan siang bareng, hangout bareng. Jangan nolak kalo diajak pergi bareng temen-temen kantor dengan alasan malu apalagi belum kenal. Hadeh. Justru ini waktunya buat saling mengenal. Kamu yang harus mendekati mereka, bukan mereka yang mendekati kamu.

  1. Sok Tau

Berkaitan sama nomor dua, jangan diem aja. Apalagi kalo urusannya sama kerjaan kantor yang kamu belum ngerti. Udah gak ngerti, terus gak nanya dan akhirnya kamu jadi sok tau main ngerjain aja kerjaan yang disuruh sama atasan. Wah ini sih bakal panjang urusannya. Wajar kok kalo di hari pertama kerja kamu banyak nanya, jadi jangan malu buat bertanya. Begitu juga halnya dengan kalo kamu bingung sama prioritas pekerjaanmu mana yang harus diselesaikan duluan, jangan ragu buat bertanya ya daripada salah.

  1. SKSD

Akrab boleh, tapi jangan sampe SKSD alias sok kenal sok deket hehehe. Apalagi kalo di hari pertama kerja kamu udah ceritain hal-hal privacy sampe pamer ke orang yang baru kamu kenal satu hari. Wah kamu bakal dicap macem-macem kalo kayak gini, salah satunya ‘si SKSD”.

  1. Ngeluh

Ini juga gak boleh kamu lakukan di hari pertama kerja. Kamu akan punya reputasi buruk di mata teman-teman kantor baru kamu kalo baru pertama masuk kerja aja udah ngeluh. Termasuk soal ngeluh macet, rumah jauh atau malah ngeluh soal kerjaan. Semua orang yang bahkan udah kerja lama di situ juga pasti ngerasain hal yang sama kok, tapi gak harus ngeluh di depan orang-orang kan?

  1. Ngeliatin Jam Terus

Nah ini apalagi, jangan suka ngeliatin jam terus. Selain mengganggu konsentrasi bekerja, ngeliatin jam terus juga akan menunjukkan sifat pemalas lho. Ya gimana ga bakal dicap pemalas kalo dikit-dikit ngeliatin jam dan pengennya cepet-cepet pulang.

  1. Saltum

Sesuaikan pakaian kamu dengan lingkungan kerja. Kalo lingkungan kerjanya santai, ya kamu bisa menyesuaikan pakaian kamu kayak gimana, begitu juga dengan lingkungan kerja yang formal. Kerja di startup dan korporasi tentu berbeda berpakaiannya. Jadi sesuaikan cara berpakaianmu dengan lingkungan kerja kamu ya, ini tujuannya juga untuk memudahkan kamu berbaur dengan teman-teman kantor kamu. Azhek.

  1. Sibuk Sendiri

Maksudnya adalah kamu terlalu sibuk sama urusan pribadi kamu. Lagi jam kerja malah chattingan sama pacar ngomongin bos baru. Lagi makan siang bukannya berbaur sama yang lainnya, malah telfonan sama pacar ngomongin temen kantor baru yang nyebelin. Kesampingkan urusan personal dan bekerjalah secara profesional. Biar gak ganggu konsentrasi kamu dan kamu bisa memaksimalkan hari pertama kerja dengan sebaik-baiknya.

  1. Tidur

Terakhir adalah jangan tidur. Yakali deh tidur di hari pertama kerja. Ini menunjukkan sikap pemalas dan gak antusiasnya kamu sama pekerjaanmu dan lingkungan barumu. Emang sih hari pertama biasanya suka belum dikasih kerjaan dari atasan, tapi jangan sampe kamu jadi gak ada kegiatan. Tunjukkan inisiatif kamu dengan bertanya ke divisi kamu seputar pekerjaanmu.

Nah itu dia sepuluh hal yang gak boleh kamu lakukan di hari pertama kerja. Inget baik-baik ya YOTers, biar hari pertama kerja lancar dan seterusnya pun juga lancar djaya~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *