Alasan Kenapa Membangun Relasi Itu Penting

Alasan Kenapa Membangun Relasi Itu Penting

Memiliki relasi yang luas merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam karir maupun bisnis. Hal ini masih sejalan dengan kodrat kita sebagai makhluk sosial yang mana saling membutuhkan satu sama lain. Tak bisa dipungkiri bahwa dari masa kecil hingga dewasa kita dituntut untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Misalnya saja sewaktu kecil, orangtua kita biasanya akan menyuruh kita mencari teman untuk menjalin hubungan pertemanan. Begitu pun sampai saat ini, kita dituntut untuk membangun relasi yang seluas-luasnya. Bukan tanpa alasan, membangun relasi penting untuk dilakukan karena bisa menjadi bekal saat kita memasuki dunia kerja.

Apabila kita memiliki lingkup relasi yang luas, tentunya akan mempermudah kita juga ketika bekerja. Berikut ini adalah alasan mengapa membangun relasi itu penting:

1. Membantu kamu saat mencari referensi kerja

Langsung mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah tentunya menjadi impian bagi banyak orang. Namun sayangnya, mencari kerja tidak semudah apa yang dibayangkan apalagi bagi kita yang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman sama sekali.

Maka dari itu, di sini lah peran relasi sangat penting karena bisa membantu kita untuk mencari informasi seputar lowongan kerja yang ada.Namun, bukan berarti mendapatkan pekerjaan bisa dengan cara yang curang, ya! Tujuan memiliki relasi di sini yaitu bagaimana kamu memanfaatkan inner circle.

Jadi, meski kamu memiliki teman dekat di perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan, bukan berarti kamu bermalas-malasan dan justru tidak menunjukkan kemampuan kamu yang sebenarnya. Meski memiliki relasi yang baik, kamu juga perlu tahu bahwa perusahaan akan merekrut karyawan yang memang memiliki kapabilitas.

Baca juga: Tips Mencari Kerja yang Bisa Kamu Terapkan

2. Bisa diajak berdiskusi

Saat kamu sedang pusing dengan suatu masalah seperti pekerjaan, kamu bisa mengajak temanmu untuk berdiskusi mengenai pekerjaan kamu tersebut. Misalnya, kamu seorang Content Writer, kamu bisa tanya apakah tulisan kamu sudah baik atau belum dari segi penulisannya.

Jika memang temanmu sudah lebih dulu berpengalaman sebagai Content Writerkamu bisa bertanya lebih jauh mengenai gaya tulisan yang baik seperti apa dan bagaimana caranya pembaca tertarik dengan tulisanmu.

Tak hanya itu, kamu dan temanmu juga bisa berdiskusi mengenai masalah lain. Nah, dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, maka kamu juga akan mendapatkan wawasan yang lebih baik lagi.

3. Bisa membantu disaat sedang kesulitan

Membangun relasi saat bekerja pun juga penting, apalagi di saat kamu bisa berkontribusi lebih. Kalau kamu senang membantu orang lain, sudah pasti orang yang dibantu pun akan dengan senang hati membantu kamu juga nantinya. Jadi, apabila kamu menjalin hubungan baik dengan rekanmu, maka apabila kamu mengalami kesulitan saat bekerja, tentunya Ia tak segan-segan untuk membantumu.

Namun, bukan berarti kamu bisa memanfaatkan kebaikannya, ya! Kamu juga perlu mem-back up apabila temanmu mengalami kesulitan.

4. Relasi akan membantu kamu memahami berbagai sifat orang

Setiap orang tentunya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Memang memahami kepribadian orang lain bukan lah hal mudah, namun apabila kamu sudah terbiasa menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang, maka kamu akan lebih mudah memahami berbagai sifat orang tersebut. Begitu pun apabila kamu memiliki masalah dengan orang lain.

Apabila kamu memahami sifatnya, maka kamu bisa menurunkan sedikit egomu agar permasalahan tersebut bisa segera teratasi dan tidak berlarut-larut.

5. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi

Memiliki relasi yang luas tentunya akan membantu kamu dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Sebab, orang yang menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang umumnya akan memiliki wawasan yang jauh lebih luas. Karena pada dasarnya, Ia sering bertemu dengan orang banyak yang pastinya setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Dengan begitu, kamu pun juga akan lebih leluasa dalam mengekspresikan diri sehingga nantinya kemampuan komunikasi pun juga jauh lebih  baik.

Itu tadi alasan kenapa membangun relasi itu penting, jangan sampai kamu punya relasi yang tidak baik dengan temanmu ya. Yuk bangun relasi kamu dari sekarang!

Untuk menjalin hubungan dengan banyak orang, sering-seringlah ikut seminar atau bisa juga gabung bersama komunitas.

Bagi YOTers yang ingin menjalin networking dengan ratusan komunitas di berbagai bidang, kamu bisa nih mengikuti Connext Community Festival 2021. Menariknya, kamu juga bakal dapetin banyak inspirasi dari para founder komunitas di event komunitas ini.

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kamu  di sini gratis! Kamu juga bisa memenangkan 1 sepeda motor listrik Smoot dengan ikutan CCF dan subscribe YouTube Young On Top terlebih dulu.

Gak perlu nunggu lama, langsung saja klik gambar di bawah ini ya!

connext fest

Dapatkan konten-konten inspiratif bagi anak muda seputar karir & bisnis, dengan kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Lebih banyak artikel menarik seputar karir, bisnis, dan dunia kuliah untuk kamu!

One thought on “Alasan Kenapa Membangun Relasi Itu Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *