Sering Gagal Psikotest? Seberapa Penting Psikotest Saat Melamar Kerja?

Sering Gagal Psikotest? Seberapa Penting Psikotest Saat Melamar Kerja?

Saat melamar kerja, pasti kamu menemui satu tahapan lain selain interview, yakni ‘psikotest’. Saat kita yakin akan ngejalanin proses psikotest-nya dengan baik, gak taunya hasilnya gak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sering sedih pastinya saat kita udah berusaha semaksimal mungkin tapi ternyata gak lolos karena psikotest.

Terus, sebenernya seberapa besar sih pengaruh psikotest saat melamar kerja? Intinya, psikotest itu bukan suatu hal yang bisa dipelajari alias gak ada teorinya. Kalau kamu ke toko buku dan ngeliat deretan buku tentang psikotest, sebenernya ya itu pasti hanya memberi tahu kamu seputar kulit luar tentang psikotest itu. Gak akan ngaruh sama hasil psikotest kamu, karena emang psikotest gak ada teorinya.

Sesuai namanya, psikotest itu adalah psikologi test yang gunanya untuk mengukur psikologi seseorang. Gimana stress level seseorang, tingkat ketelitiannya, seberapa tahan kamu saat menghadapi pressure, itu bisa terlihat dari hasil psikotest. Berbagai macam psikotest itu punya penilaian yang berbeda-beda lho, YOTers. Contohnya, test Pauli itu untuk konsistensi dan ketahanan kamu. Dari test Pauli akan dilihat sikap kamu terhadap tekanan, kemampuan kamu dalam menyesuaikan diri, ketelitian dan kecepatan kamu dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Saat ini, interview masih jadi tolak ukur yang dominan di beberapa perusahaan saat melamar kerja. Karena, masih ada yang beranggapan kalau pengalaman dan skill itu jadi poin utama yang harus dilihat dari para pelamar kerja. Jadi, gak usah takut saat menghadapi psikotest. Hadapilah dengan tenang dan santai. Karena, kegugupan itu juga bisa mempengaruhi hasil psikotest-mu lho, YOTers. Semoga sukses dalam menghadapi setiap tahap wawancara kerja ya!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *