5 Tips Menciptakan Ide Kreatif

tips menciptakan ide kreatif

Kreativitas merupakan suatu anugerah yang gak boleh kamu sia-siakan. Kamu tentunya ingin menciptakan ide kreatif dan mengasah kreativitasmu supaya makin berkembang kan? Nah, kalau kamu mau tau cara berpikir kreatif dan inovatif, simak artikel ini sampai tuntas, ya! Let’s check this out!

Baca juga:

7 Cara Kreatif dan Gampang Cari Penghasilan Tambahan

Ini Nih Para Pemuda Kreatif Indonesia dibawah Umur 28 Tahun (Part I)

Kisah Sukses Elon Musk, Dulu Dibully Kini Jadi Orang Terkaya di dunia

1. Jangan Berhenti Berkarya

Kunci utama kalau kamu mau sisi kreativitasmu makin terasah ya jangan berhenti berkarya. Sekalinya kamu berhenti, maka susah deh untuk membangunkan sisi kreatif itu lagi.

Dengan berkarya, kamu bisa terus menggali ide yang ada di diri kamu. Kamu pasti tahu kan, semakin banyak kamu menyalurkan kreativitasmu maka ide kamu pun juga akan berjalan. Nah, otomatis kreativitasmu pun juga akan semakin terasah.

2. Jalan-jalan dan Cari Sudut Pandang Baru

Cara mendapat ide kreatif sebenarnya cukup mudah dan hanya dari hal sederhana aja kita juga bisa mendapat ide kreatif. Sama seperti menemukan ide, jalan-jalan juga berpengaruh dengan kreativitasmu.

Pergilah ke suatu tempat yang baru, temukan sudut pandang yang baru sehingga kamu bisa mengasah sisi kreativitasmu. Sederhana sih tapi ini beneran berpengaruh, lho!

3. Bergabung dengan Komunitas yang Kamu Sukai

Salah satu tips menciptakan ide kreatif yang bisa kamu terapkan yaitu bergabunglah dengan komunitas. Kalau kamu punya hobi fotografi, bergabunglah dengan komunitas fotografi.

Dengan bergabung dan berdiskusi bersama sekelompok orang dengan hobi yang sama, maka kamu juga akan semakin tertantang untuk menciptakan suatu karya yang lebih baik. Kalau ada kekurangan di hasil karya kamu, kamu bisa minta pendapat mereka.

4. Banyak Belajar dan Lihat Referensi

YOTers pernah nggak sih mendengar kalau pada dasarnya setiap manusia dilahirkan sebagai makhluk pembelajar. Begitu pun dengan orang yang kreatif. Seorang yang kreatif pun tentunya nggak akan pernah puas untuk menciptakan ide kreatif makanya mereka nggak akan berhenti belajar banyak.

Apabila kamu mau mencari cara berpikir kreatif dan inovatif, kamu jangan pernah cepat puas sama hasil yang didapat. Boleh mengapresiasi apa yang udah dilakukan tapi selalu tanamkan bahwa kita harus lebih kreatif lagi.

Selain banyak belajar, kita juga perlu melihat referensi untuk menciptakan ide kreatif. Toh, para ilmuwan pun memiliki banyak sekali referensi yang menunjang keilmuwannya. Nah semakin banyak belajar dan memiliki banyak referensi maka nantinya akan menunjang daya kreatifitas kamu.

5. Minta Saran

Kamu bisa minta saran dari orang-orang di sekitarmu mengenai karya yang kamu hasilkan. Saran tersebut bisa membuka jalan kamu menuju sisi kreativitasmu. Semakin banyak orang yang memberi saran, maka akan semakin banyak pula hal-hal baru yang akan kamu pelajari.

Nah, itu dia tips mengembangkan ide kreatif. Semoga dengan tips di atas, kamu semakin mudah dalam mengembangkan ide kreatif dan juga mempertahankan sisi kreativitasmu.

Ingin mendapatkan konten-konten inspiratif  seputar dunia perkuliahan, karir, dan bisnis untuk anak muda? Yuk kunjungi YouTube Young On Top. Atau tonton video di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *