NEWS: YOT Mengajar November (10-11-2013)

NEWS: YOT Mengajar November (10-11-2013)

YOT Mengajar merupakan program bulanan yang rutin diadakan oleh YOT CA, dan pada bulan ini diadakan pada tanggal 10 November 2013 yang bertepatan dengan hari Pahlawan. YOT Mengajar kali ini masih di tempat yang sama yaitu Panti Asuhan Kampung Melayu. Dipandu oleh Hutomo Hadi Saputro, YOT CA dari STT-PLN Jakarta, tema YOT Mengajar kali ini adalah ‘Pahlawan’. Dalam kegiatan kali ini, terdapat satu pengajar utama yaitu, Arfan Jatikusuma, YOT CA dari Binus University serta beberapa YOT CA yang berperan sebagai mentor. Arfan membuka presentasinya dengan permainan sederhana yang mampu membakar semangat adik-adik panti asuhan. Arfan menjelaskan mengenai Integritas, dengan cara sharing ke adik-adik apa itu pengertian integritas.
Arfan menjelaskan secara sederhana pengertian integritas adalah apa yang kita lakukan dengan kejujuran dan konsistensi. Arfan menganalogikan integritas dengan cerita pinokio, dan menjelaskan bahwa hikmah yang didapat dari cerita pinokio adalah kita harus jujur terhadap diri sendiri dan orang lain. Menurut Arfan, orang yang berani mengakui kesalahan itu luar biasa. Berkaitan dengan pengertian integritas itu sendiri yaitu kejujuran, Arfan menganalogikan kejujuran itu seperti sebuah paku dimana ketika kita berbohong berarti sama seperti kita menempelkan paku pada kayu. Walaupun kita sudah memaafkannya, sama seperti paku yang sudah ditancapkan pasti masih terdapat bekasnya.
Selanjutnya terdapat pemutaran video yang berjudul “Like father like son”. Video ini menceritakan bahwa integritas itu dimulai dari diri sendiri. Kita mengingatkan orang lain untuk tidak berbohong, tetapi kita juga harus koreksi diri kita sendiri apakah kita sudah melakukan hal tersebut. Di akhir sesi presentasi, Arfan meminta adik-adik untuk menuliskan pencapaian mereka di tahun 2013 dan target mereka di tahun 2014.
Di akhir kegiatan YOT Mengajar ini, Mas Anggia Silalahi, salah satu mentor YOT CA, sharing mengenai integritas. Menurut Mas Anggia, integritas berat dilakukan, integritas dimulai dari diri kita sendiri. Salah satu keuntungan memiliki integritas adalah kita menjadi orang yang bisa dipercaya oleh orang lain. Kita harus mempunyai integritas, tidak hanya sekedar tahu saja. Orang yang memiliki harta namun tidak memiliki integritas itu tidak berharga sama sekali. Dengan integritas, kita bisa mempunyai impact ke orang lain. Integritas ada di setiap langkah yang kita lalui, dari mulai main kelereng sampai jadi CEO, integritas itu penting dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk sukses tidak bisa sendiri, harus ada orang lain yang ikut. Walaupun tidak ada yang mengawasi, kita harus tetap memegang integritas. Oleh karena itu, “Lakukan apa yang kamu katakan, Integritas dimulai dari diri sendiri dan tidak dibentuk secara mudah dalam satu hari”.

Tulis Komentarmu