Mau Audiensmu Terkesan dengan Presentasimu? Ikuti Tips Ini!

Mau Audiensmu Terkesan dengan Presentasimu? Ikuti Tips Ini!

YOTers, pasti kamu pernah dong disuruh presentasi? Kalau belum pernah, suatu saat pasti kamu bakalan ngerasain berdiri di depan, menyampaikan materi yang mau kamu kasih ke audiens kamu. Bagi yang pertama kali presentasi, pasti rasanya deg-degan, takut, gugup dan lainnya yang akhirnya ngaruh ke presentasinya. Nih, ada beberapa teknik presentasi yang harus kamu kuasai biar audiens kamu terkesan:

 

  1. Membuka Presentasi dengan Baik

Membuka presentasi yang baik itu maksudnya dengan menyapa audiens, menyampaikan maksud dan tujuan dari presentasi kamu. Selain itu, hindari deh meminta maaf saat membuka presentasi. Karena, akan muncul pikiran negatif dari audiens mengenai dirimu dan akhirnya gak tertarik dengan presentasimu. Buka deh presentasi dengan konten yang menarik, seperti pertanyaan, quote, gambar seseorang atau apapun itu biar orang punya kesan pertama yang menarik dengan presentasimu.

 

  1. Maksimalkan Konten Visual

Nah, kamu bisa maksimalkan presentasimu dengan menyiapkan konten visual yang menarik. Jangan terlalu banyak huruf, kata dan kalimat di dalam presentasimu karena orang cenderung malas baca dan lebih tertarik dengan bentuk visual. Siapin konten visual yang menarik biar orang tertarik juga dengan presentasimu.

 

  1. Kuasai Materi

Kamu mau presentasi ya jangan sampe kamu gak tau isi dari materi presentasi yang akan kamu sampaikan. Kalo kamu gak tau sama isi materinya, udah pasti deh di atas panggung kamu akan terus-terusan gugup dan bingung mau ngomong apa. Jangan sampe kamu salah menyampaikan tujuan dari presentasimu ya. Maka dari itu, kamu harus menguasai materinya dengan baik.

 

  1. Menutup Presentasi dengan Menarik

Membuka presentasinya udah oke, menutup presentasinya pun juga harus oke. Biasanya sih orang akan menutup dengan sebuah kutipan, nah ini juga bisa kamu terapkan di presentasi kamu. Terus, kamu juga bisa menutup presentasi dengan sebuah ajakan, misalnya kamu menyampaikan materi tentang ‘Global Warming’, maka kamu bisa menutup presentasi dengan ajakan untuk ‘mari kita jaga alam kita dengan merawat lingkungan kita dengan baik.’

 

  1. Berlatih

Kalau mau presentasinya lancar ya pastinya kamu harus berlatih. Kamu bisa minta tolong temanmu sebagai audiensnya untuk mendengarkan dan melihat presentasimu, serta kamu minta saran setelahnya mengenai itu. Jadi, kamu bisa punya poin apa aja yang harus kamu perbaiki.

 

Itu dia tips yang bisa kamu terapkan saat presentasi. Dijamin deh, presentasi kamu akan berjalan lancar dan kamu bisa sukses berbicara di depan banyak orang! Jangan lupa bagikan tips ini ke temanmu ya!

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *