YOT Gemas Gemus 2014

YOT Gemas Gemus 2014

Bertempat di SDN 17 Utan Kayu, Jakarta Timur, Young On Top bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengadakan program YOT Gemas Gemus (Gerakan Mata dan Mulut Sehat) pada tanggal 18 Januari 2014. Program tersebut dilaksanakan untuk mengedukasi siswa/siswi tentang kesehatan mata dan mulut.
Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal penting yang patut kita perhatikan lebih. Namun, pada kenyataannya banyak yang belum memperhatikan kesehatan gigi dan mulut mereka. Tidak sedikit orang-orang yang belum paham bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar. Mengapa hal tersebut penting untuk diperhatikan?
Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat berakibat atau menyebabkan berbagai penyakit yang serius. Jika kita mengabaikan kesehatan gigi dan mulut, maka akan menjadi sarang kuman di dalam rongga mulut yang dapat berakibat kerusakan gigi. Kerusakan gigi diawali dengan proses terjadinya karies dan peradangan yang berawal dari sisa-sisa makanan yang dibiarkan sehingga lama kelamaan akan terjadi pembusukan dimana kuman yang ada di rongga mulut (Lactobacillus acidophillus)mengubah sisa makanan menjadi asam.
Salah satu cara yang sederhana untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin dan dilengkapi dengan penggunaan obat kumur dan efektif dan aman (tidak menimbulkan iritasi pada mukosa).
Hal inilah yang mendasari YOT Gemas Gemus diadakan. Dalam program ini, YOT Campus Ambassador dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia melakukan edukasi kepada siswa/siswi SDN 17 Utan Kayu, Jakarta Timur tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar. Tidak hanya itu, terdapat juga edukasi tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Selain edukasi, terdapat juga pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Jika terdapat masalah seperti gigi yang bolong, maka akan langsung diberi tindakan medis yaitu penambalan. Dengan diadakannya program ini, diharapkannya akan semakin banyak orang yang sadar pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tulis Komentarmu