YOT Marcomm Class “Press Release & Press Conference”

YOT Marcomm Class "Press Release & Press Conference"

Dihadiri oleh kurang lebih 42 orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jabodetabek, YOT Marcomm Class kembali diadakan. Selain YOT Campus Ambassador, peserta YOT Marcomm Class yang lain merupakan volunteer untuk acara Love Donation yang akan diadakan pertengahan bulan ini. Mengangkat tema “Press Release & Press Conference”, YOT Marcomm Class kali ini diadakan di SAE Institute, FX Lifestyle X’nter, pada Sabtu 1, Februari 2014. Sebagai pembicara Sirly W. Nasir yang merupakan salah satu mentor di Young On Top, PR Consultant di Kennedy, Voice & Berliner, dan juga Chairwoman di Perhumas Muda.
Sebuah acara yang diadakan oleh suatu organisasi sudah selayaknya dipromosikan dan dipublikasikan di media massa dengan tujuan agar khalayak mengetahui acara tersebut. Tidak sekedar mengetahui, melainkan juga mampu mempersuasi khalayak untuk turut serta dalam acara tersebut. Terlebih apabila acara yang diadakan oleh organisasi itu merupakan social project yang menyangkut kebutuhan orang banyak.
Social project tahunan yang diselenggarakan oleh YOT Campus Ambassador, yaitu Love Donation merupakan acara donor darah yang akan diadakan pada tanggal 15-16 Februari 2014. Dalam mempublikasikan acara tahunan ini, akan diadakan press conference dan penerbitan press release. Untuk itulah YOT Marcomm Class kali ini diadakan. Untuk memberi ilmu kepada panitia Love Donation bagaimana membuat press release dan bagaimana cara mengadakan sebuah press conference.
Sirly W. Nasir mengatakan bahwa dalam menyelenggarakan sebuah press conference kita harus mengetahui dengan tepat siapa pembicara-pembicara yang akan memberikan statement-nya pada saat press conference. Dalam hal Love Donation, dapat ditunjuk sebagai pembicara adalah perwakilan dari Young On Top, perwakilan dari Dokter yang terlibat dalam acara ini, perwakilan dari PMI dan juga perwakilan dari public figure yang mengisi acara.
Sedangkan dalam pembuatan press release, press release paling banyak dibuat dalam dua halaman. Paragraf pertama yang sering disebut lead atau teras berita, berisi 5W+1H. Sedangkan paragraf selanjutnya merupakan penjelasan-penjelasan yang melengkapi paragraf pertama tersebut. Sirly mengatakan, “Having a quote on press release is important for me.” Terlebih jika orang yang memberikan quote tersebut adalah orang yang mempunyai pengaruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *