Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Hai YOTers! Kamu pastinya tau kalo Indonesia punya banyak banget tempat wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi. Tapi, kamu tau gak kalo ternyata banyak banget surga tersembunyi di berbagai kota di Indonesia yang jangan sampai kamu lewatkan untuk dikunjungi. Nah, teman-teman dari YOT Kota mau ngasih tau nih hidden gem di kota mereka masing-masing. Kita liat yuk!

1. Desa Pinggan (Bali)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Desa Pinggan, Bali

Desa Pinggan Kintamani menjadi lokasi liburan yang tidak kalah menariknya di Pulau Bali. Apalagi kalau suka berburu pemandangan sunrise. Tempat ini menyajikan pemandangan matahari terbit di ujung timur dari lokasinya yang berupa dataran tinggi. Jika ingin menikmati indahnya matahari terbit di Desa Pinggan, sekiranya bisa datang sekira pukul 05.30 WITA. Ini karena fenomena cantiknya sunrise akan mulai terlihat di Desa Pinggan mulai pukul 06.00 WITA.

Lokasi: Desa Pinggan, Kintamani, Bangli

2. Sanghyang Heuleut (Bandung)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Sanghyang Heuleut, Bandung

Sanghyang Heuleut adalah salah satu bukti kecantikan wisata alam di Bandung. Ada banyak hal menarik dari destinasi di Bandung ini. Salah satunya mitos yang mengatakan bahwa wisata ini jadi tempat mandi para bidadari. Dengan adanya susunan bebatuan di sekitar danau kecil ini memang terlihat eksotis yang cocok untuk dijadikan latar foto kamu. Begitu pula dengan pemandangan danau dengan air berwarna hijau yang gak kalah cantik.

Selain hunting foto, kamu juga bisa berenang atau melakukan aktivitas yang lebih menantang. Misalnya seperti lompat ke danau dari bebatuan di sekitarnya. Kamu hanya ingin santai di sini? Tentu saja bisa. Perpaduan suara gemericik air serta sejuknya udara di sekitarnya pasti akan membuatmu semakin betah berlama-lama di wisata Bandung ini.

Lokasi: Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB

 

3. Batu Dinding (Balikpapan)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Batu Dinding, Balikpapan

Di Balikpapan ada tempat yang keren banget lho, yaitu Batu Dinding. Perjalanan dari kota ke tempat ini sekitar 48 km. Batu Dinding menjadi salah satu tempat yang menarik untuk melihat matahari terbit. Apabila ingin melihat matahari terbit, maka disarankan pukul 04.30 WITA kamu sudah mendaki, jadi tepat pukul 06.00 WITA sudah berada di atas bukit dan menikmati matahari terbit. Batu Dinding juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk camping lho. Kalo mau camping disini, jangan lupa jaga attitude ya!

Lokasi: Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara Regency, Kalimantan Timur, 75271.

4. Rumah Kecil (Makassar)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Rumah Kecil, Makassar

Hai YOTers! Di Makassar ada lho tempat nongki cozy rasa Bali namanya Rumah Kecil. Bertempat di Pannara Antang tempat ini jauh dari suara kendaraan jadi cucok deh buat kamu yang lagi pengen santuy sama ada juga spot kolam ikan buat terapi gitu YOTers.

Suasananya begitu asri karena kamu akan disugihi pemandangan sawah yang hijau, langit yang biru, suara kicauan burung, dan hamparan angin sepoi-sepoi. Wuihh kebayang kan gimana cozy-nya? Udah gitu tempatnya Instagramable, pas buat jadi bahan Instagram Story atau di Instagram Feed kamu. Harga makanannya juga murah kok, gak bakal bikin kamu bokek.

Lokasi: Pannara Antang

Jam buka: 16.00 WITA

5. G-Art (Palembang)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

G-Art, Palembang

Saat ini destinasi wisata 3 dimensi memang sangat populer. Beberapa kota di Indonesia sudah memiliki tempat wisata seperti itu, termasuk Ibukota Sumatera Selatan, Palembang.

Saat ini ada 41 koleksi image 3 dimensi mulai dari rumah adat, berselancar hingga buaya yang siap menerkam. Bukan hanya itu saja, ada pula 7 photobooth dan 3 magic corner untuk dijadikan latar berfoto.

Tak perlu takut hasil fotonya jelek. Karena pengunjung akan dipandu oleh petugas G-Art untuk mendapatkan angle yang pas. Dengan begitu dijamin foto kamu akan terlihat nyata. Tips untuk berkunjung ke tempat ini adalah membawa handphone atau kamera tentunya. G-Art Studio sendiri berada di yang berlokasi di Jalan Burlian KM 7.

Lokasi: Gedung Gramedia World Palembang, lantai 2. Jl. Kol. H. Burlian, Karya Baru.

6. Bukit Mongkrang (Solo)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Bukit Mongkrang, Solo

Bukit Mongkrang, belum banyak orang yang tau soal tempat ini. Berada di timur pusat kota Solo, sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Solo untuk mencapai tempat ini. Bukit Mongkrang baru dibuka awal tahun 2019 lalu. Bunga ilalang yang indah bakalan kamu jumpai di tempat ini.

Bukit Mongkrang sangatlah bersahabat buat kamu yang gemar mendaki atau buat pendaki pemula yang ingin menjajal serunya pendakian. Medan yang aman, jarak tempuh yang singkat hanya satu jam, membuatnya cukup mudah ditaklukkan.

Dari sini, kamu bisa melihat barisan gunung di sekitar Solo Raya. Mulai dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hingga yang paling dekat Gunung Lawu.

Kalau kamu ke sini pas musim kemarau, akan terlihat perkebunan strawberry milik warga yang memanjakan mata. Sesampainya di puncak, kamu akan melihat ilalang layaknya di film Disney, lho. Memang di sinilah daya tarik Bukit Mongkrang. Ilalang yang membentang, ademnya yang sejuk tak buat kita kedinginan, hingga kabut tipis yang menghangatkan.

Oh ya, ada sedikit tips buat kamu yang pengen mendaki ke Bukit Mongkrang. Pertama, pakai celana panjang, biar kaki kamu terlindungi dari tajamnya tumbuhan berduri sepanjang mendaki. Kedua, pakai jaket, meskipun tidak terlalu dingin tetapi kamu wajib hangat dari terpaan angin. Ketiga, bawa logistik dan perlengkapan jas hujan serta selalu ingat bawa sampah kamu turun lagi, yaa.

Bukit Mongkrang adalah pilihan yang tepat untuk menikmati alam di Solo. Jauh dari pusat kota, cocok untuk ngopi dan bercengkrama bareng orang-orang istimewa. Sampai di sini, jangan lupa berfoto ria! Selamat berwisataaa~

Lokasi: Dusun Dringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

7. Planetarium (Surabaya)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Planetarium, Surabaya

Untuk mendapatkan informasi dan edukasi tentang dunia astronomi & astronavigasi, kamu bisa berkunjung ke Planetarium Surabaya. Berbeda dengan Planetarium Jakarta, Planetarium Surabaya terletak di dalam Museum TNI AL Loka Jaya Crana. Jadi, sekali jalan kamu juga bisa sekalian belajar tentang sejarah, senjata, sampai alat perang yang digunakan oleh TNI AL lho! Sebelum kesini, ada baiknya kamu telepon terlebih dahulu untuk informasi yang lebih jelas!

Lokasi: Candradimuka, Komplek Pendidikan TNI AL Bumimoro, Jl. Moro Krembangan Surabaya Utara.

Jam buka: Senin-Kamis (08.00-14.00) dan Jumat (08.00-15.00)

8. Kebun Bibi dan Coffee Art Books Café & Kedai Teh Kalasan (Yogyakarta)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Kebun Bibi dan Coffee Art Books Café, Yogyakarta

Ada dua hidden gem yang direkomendasikan di Yogyakarta, yaitu Kebun Bibi dan Coffee Art Books Café. Kebun Bibi dan Coffe Art Book Café dikelola oleh seniman Sigit Bapak dan seorang pensiunan berkewarganegaraan Belanda bernama Hans. Tak heran buku-buku yang berada di bagian belakang rumah tersebut berasal langsung dari Belanda. Koleksinya pun beragam, meski bernama Art Book Café, kalian masih bisa menemukan buku-buku di luar bidang kesenian seperti novel-novel serta ilmu pengetahuan umum.

Tak hanya dibaca di tempat, buku-buku di sini pun dapat kalian beli di bawah harga pasar. Meskipun bersifat second handed, namun koleksi mereka masih layak bahkan memiliki nilai jual tinggi. Dibangun untuk tujuan sosial, buku-buku tersebut dijual jauh dibawah harga pasaran.

Bahkan, saat kalian merasa sudah bosan dengan buku tersebut, kalian dapat menjual kembali buku tersebut kepada Kebun Bibi agar buku tersebut dapat di gunakan kembali oleh orang lain. Oh iya, disamping koleksi buku dan karya seni, tempat ini juga dilengkapi coffee shop.

Lokasi: Jl. Minggiran No.61a, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141

Jam buka: 19.00-00.00 WIB

9. Kedai Teh Kalasan (Yogyakarta)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Kedai Teh Kalasan, Yogyakarta

Hidden gem lainnya adalah Kedai Teh Kalasan. Berada jauh dari ramainya perkotaan, tempat ini bisa jadi pilihan tepat untuk kabur sejenak melepas penat. Apalagi lingkungan sekitarnya menawarkan suasana pedesaan, lantaran terletak di sekitar persawahan. Pengunjung akan merasa tenang dan damai saat berada di sini.

Interior kedai pun terasa khas dengan konsep tradisional. Furniturnya terbuat dari kayu, sementara bangunannya mengusung arsitektur ala Jawa. Ngobrol santai bersama teman atau keluarga di sini dijamin bakal bikin lupa waktu.

Lebih dari 30 varian teh ditawarkan di sini. Ada yang berasal dari daerah lokal, ada pula yang diimpor dari mancanegara. Bagi pengunjung yang masih awam soal teh, mungkin akan sedikit bingung memilih menu di sini.  Jika pengunjung beruntung, pengunjung bisa ngobrol dengan owner terkait jenis teh mana yang pas sesuai dengan permintaan pengunjung. Disamping itu, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan baru soal teh.

Lokasi: Jl. Tulung Tamanmartani No.1, Ringin Sari, Tamanmartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55571

10. Kampung Belajar Tanoker Ledokombo (Jember)

Surga Tersembunyi, Ini Dia Hidden Gem di Berbagai Kota di Indonesia

Kampung Belajar Tanoker Ledokombo, Jember

Pernahkah kalian mendengar kata Tanoker? Mungkin ada sebagian masyarakat Jember bahkan yang masih asing mendengar kata ‘Tanoker’. Apa sih itu Tanoker? Ya, Tanoker lebih tepatnya adalah sebuah Kampung Belajar yang terletak di Desa Ledokombo. Tanoker sendiri berasal dari Bahasa Madura yang berarti Kepompong.

Filosofi dibalik pilihan kata ini merupakan adanya keyakinan bahwa pariwisata yang berbasis komunitas dan budaya dapat mendorong transformasi sosial yang bisa mengentaskan masyarakat dari persoalan pendidikan, kesehatan, serta tak ayal kemiskinan.

Maka dari itu, Tanoker hadir sebagai komunitas bermain dan belajar yang memiliki suatu keinginan guna melakukan suatu gerakan signifikan bagi lingkungan desa setempat yang memang mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai buruh tani hingga menjadi TKI maupun TKW. Lantas yang mengharuskan adanya kepedulian terhadap keberlangsungan pendidikan anak-anak Desa Tanoker sebagai generasi penerus bangsa.

Kampung Belajar Ledokombo sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, budaya, sosial dan ekonomi bagi anak-anak, pekerja migran dan keluarganya. Tempat ini juga menyediakan serangkaian acara untuk rapat, seminar, lokakarya, pelatihan, agrowisata, wisata alam, outbound, wisata kuliner, wisata perdamaian, live in di rumah penduduk, liburan, ulang tahun, family gathering dan lain-lain.

Terdapat serangkaian acara yang tidak kalah seru seperti halnya permainan tradisional, outbound polo lumpur, festival egrang, wisata egrang, malam tanpa lampu, menjadi petani sehari, pasar lumpur serta souvenir dalam bentuk tanoscraft. Selain dapat bernostalgia kenangan masa kecil dengan berbagai permainan tradisional yang telah terfasilitasi disana, kamu juga dapat mengisi waktu luangmu dengan berkegiatan sosial yang tentunya bermanfaat.

Tenang saja kamu ga bakalan merasa sendiri ataupun jenuh karena dengan berkunjung ke Tanoker, kamu juga bakal didampingi oleh kakak-kakak dari pengurus Tanoker yang ramah. Tunggu apalagi, main ke Tanoker yuks!

Lokasi: Jl. Bungur No. 73, Timur Simpang Tiga Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, Jember – Jawa Timur

Nah itu dia YOTers hidden gem yang ada di berbagai kota di Indonesia. Nah, kalo di kota kamu, ada hidden gem apa nih? Share ya di kolom komen!

Ingin mendapatkan informasi seputar bisnis, karir, dunia perkuliahan, kesehatan, dan informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi kami di:

Website: youngontop.com

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Youtube: Young On Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *