7 Tips & Trik Jitu Menghadapi Interview

7 Tips & Trik Jitu Menghadapi Interview

 

Buat YOTers yang baru lulus kuliah, ketika mendengar kata “interview kerja” pasti seperti membayangkan bertemu makhluk asing, antara perasaan deg-degan, kikuk, takut lidah kelu atau bahkan penasaran. Interview biasanya diawali dengan interview lisan dengan HRD, psikotes, interview oleh user, baru kemudian diproses untuk penyaringan peserta interview.

 

Banyak faktor yang membuat interview tersebut berlangsung tidak mulus, namun jangan kuatir, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut supaya interview berjalan dengan lancar:

 

  • Latihan Interview

Siapkan draft jawaban dan sempatkan waktu untuk latihan menjawab pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan, seperti menceritakan profil YOTers, aktifitas, skill yang dimiliki, alasan melamar posisi yang diinginkan, dll. YOTers bisa melakukannya sendiri di depan kaca atau meminta bantuan orang lain seolah-olah menjadi HRD atau user. Practice makes perfect!

 

  • Let’s Stalking!

Lakukanlah riset mini terhadap perusahaan yang YOTers akan lamar, issue yang sedang terjadi, dan hal yang berhubungan dengan perusahaan tersebut. Jangan sampai kalian tidak tahu apa-apa ketika ditanya.

 

  • Cek Lokasi Interview

Nggak mau kan telat interview gara-gara kesasar atau salah alamat? YOTers harus mengetahui dan memastikan dimana lokasi interview berada, dan rencanakan rute jalan pintas atau pilih jalan yang kira-kira tidak terlalu macet.

 

  • Come Early

Sebaiknya YOTers sudah berada di lokasi interview 30 menit sebelumnya dari jadwal yang sudah ditentukan. Kamu bisa memanfatkan waktu tersebut untuk sarapan agar focus saat menjalani interview, menyiapkan dokumen yang diminta, menata kembali penampilan, dan lainnya.

 

  • Dressed For Success

Hal yang pertama dinilai oleh pewawancara adalah penampilan. Dengan memakai setelan baju yang rapi, formal dan sopan sudah pasti menjadi nilai plus YOTers yang menentukan hasil interview. Untuk pria; gunakan kemeja panjang tidak bercorak atau berwarna mencolok, celana bahan yang pas, sepatu yang bersih, dan sisir rambut dengan rapi. Untuk wanita; gunakan baju yang sopan dan tidak mencolok, pakailah makeup natural dan pastikan rambut tertata rapi. Gunakan wewangian untuk membuat rileks dan menambah rasa percaya diri, tapi jangan pakai berlebihan ya..

 

  • Bye Bye Nervous!

Satu-satunya kunci interview lancar adalah dengan menghilangkan rasa gugup. Pertanyaan interview tidak sesulit yang YOTers bayangkan kok, pertanyaan terasa susah hanya karena YOTers merasa nervous. Hal tersebut bisa dihindari dengan cara; berkenalan dengan sesama peserta interview, melakukan gerakan stretching ringan agar tubuh tidak tegang, mendengarkan musik favorit, membaca timeline berita,

 

  • Keep On Good Attitude

Ketika berhadapan langsung dengan pewawancara, sebelum memasuki ruangan ketuklah pintu, sapa dan berjabat tangan sambil tersenyum saat berkenalan, tunggulah hingga dipersilahkan duduk, jika sudah lama tidak dipersilahkan, sebaiknya meminta izin untuk duduk. Lakukanlah percakapan dengan percaya diri dan optimis. Ketika interview selesai, jangan lupa berjabat tangan dan ucapkan terima kasih serta lemparkan senyuman yang ramah.

 

Semoga tips di atas berguna untuk YOTers yang mau interview. Good luck!

Tulis Komentarmu