Step by Step Memilih Tempat Magang

Step by Step Memilih Tempat Magang

Magang atau internship bertujuan untuk melatih para pelajar kejuruan atau mahasiswa untuk mempraktekan apa yang dipelajari di dunia kerja. Periodenya sekitar 3 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang sampai 1 tahun tergantung peraturan masing-masing sekolah atau kampus. Sebaiknya YOTers mengirimkan surat lamaran magang sejak 3 bulan sebelum memasuki masa magang, agar pada saat memasuki masa magang, YOTers sudah siap masuk bekerja dan tidak ada waktu yang terbuang untuk menunggu panggilan interview.

 

YOTers masih bingung menentukan tempat magang dan bingung harus memulai darimana? Simak nih tipsnya:

 

What’s your objective?

Tentukan tujuan YOTers mencari magang, apakah untuk mencari pengalaman saja, sekedar mengikuti peraturan kampus, untuk penelitian, atau memang target perusahaan yang akan kamu lamar nantinya. Dengan mengetahui niat kamu, maka akan memudahkan kamu dalam memilih perusahaan untuk magang.

 

List the company

Buat target dengan membuat daftar atau list perusahaan yang akan YOTers lamar. Pilih perusahaan yang mempunyai kredibilitas dan berkualitas dan pilih posisi pekerjaan sesuai dengan skill yang YOTers punya. Hal tersebut akan memudahkan YOTers dalam mencari karier di masa mendatang serta menjadi referensi saat melamar pekerjaan. Dan lakukan riset kecil-kecilan pada masing-masing perusahaan dengan mencari tahu profil perusahaan dan contact person melalui website atau mendatangi langsung perusahaan tersebut.

 

Use your network link

Setelah YOTers memiliki daftar perusahaan, kemudian gali informasi ke orang-orang sekitar, seperti keluarga, teman, pacar dan lainnya, apakah mereka atau relasi mereka ada yang bekerja di perusahaan yang YOTers ingin lamar. Dengan adanya relasi di perusahaan tersebut, maka potensi untuk mencari tahu kontak email HRD ataupun info magang akan lebih gampang.

 

Apply your CV

Kirim CV pada kontak yang dituju sesuai referensi dari network yang YOTers punya, jika tidak ada link, YOTers bisa mengirim lamaran magang langsung ke kantor atau bisa secara online melalui company website dengan form yang sudah disediakan. Jangan hanya mengirim ke satu perusahaan saja, tapi ke beberapa perusahaan di satu waktu, agar tidak membuang waktu. Selalu berjangka mengontak perusahaan untuk mendapatkan informasi progress CV, apakah diterima atau tidak, supaya bisa mengantisipasi untuk melamar diperusahaan yang lain.

 

Ketika dipanggil interview

Jalani proses interview dengan percaya diri dan keep the good attitude. Untuk tahu tips menjalani interview, baca artikel selengkapnya di “7 Tips & Trik Jitu Menghadapi Interview”.

 

You’re hired!

Pada saat diterima magang, jangan kupa untuk menyiapkan semua dokumen yang diminta oleh perusahaan. Jangan ragu untuk menanyakan hak dan kewajiban kamu secara mendetail, seperti salary, list pekerjaan serta birokrasi lainnya. Biasakan diri untuk berani bertanya, kalau tidak, YOTers yang akan menyesal nantinya.

 

Menjalani masa magang

Lakukanlah yang terbaik dan semaksimal mungkin dalam menjalani pekerjaan yang diberikan, agar setelah YOTers selesai magang, peluang untuk menjadi pegawai di perusahaan tersebut terbuka lebar, perusahaan tertarik dengan kualitas yang kamu punya dan menginginkan YOTers untuk menjadi bagian dari mereka. Jika nantinya YOTers menginginkan bekerja di perusahaan lain pun, YOTers sudah memiliki track record yang baik,

 

Semoga informasi ini berguna untuk YOTers yang sedang mencari magang, selain mengikuti langkah-langkah di atas, yang terpenting tetaplah berdoa pada Tuhan YME dan terus berusaha. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *