Menjadi Public Speaker Hebat Ala Steny Agustaf

Menjadi Public Speaker Hebat Ala Steny Agustaf

Sumber: Kampus Update

 

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum merupakan hal yang sangat menakutkan. Orang yang tidak terbiasa berbicara di depan umum akan menghadapi berbagai kendala ketika harus melakukannya. Rasa grogi yang melanda bisa membuat kita gemetar, sampai lupa materi yang akan disampaikan. Tapi, tak sedikit orang yang justru memiliki passion di bidang public speaking. Berbicara di depan umum bahkan bisa jadi pekerjaan profesional, misalnya dengan menjadi MC di acara-acara tertentu. Namun siapa bilang mereka yang sudah terbiasa berbicara di depan umum tidak pernah merasa grogi di saat-saat tertentu? Bahasan kali ini adalah wawancara bersama Steny Agustaf sebagai CEO dan pemilik Public Speaking Social Media Training Center Dinergy, yang berbagi cerita bagaimana cara menjadi  public speaker yang hebat.

 

Steny saat ini sedang membangun institusi edukasi bersama rekannya Agnes Marlita, yaitu Dinergy, yang fokus edukasi mengenai pentingnya media sosial dan public speaking. Kedua hal tersebut sangat akrab dengan keseharian kita. Menurut Steny, penggunaan media sosial yang efektif dan kemampuan public speaking yang mumpuni dapat mengantarkan kita mencapai semua tujuan.

 

Steny mulai masuk ke dunia public speaking dari radio, kemudian alih profesi menjadi ke MC, pembawa acara televisi, hingga bidang seni peran yang tentu membutuhkan kemampuan berbicara yang baik. Selain memacu adrenalin, menurut Steny kemampuan public speaking bisa membuat kita lebih mudah bergaul dan menjadi pusat perhatian. Apalagi, Steny mengaku sangat suka ‘seni meyakinkan orang lain melalui kata-kata’.  Lewat ucapan, seseorang dapat mengubah pola pikir orang lain, dari yang tidak tau menjadi tahu, dari yang pesimis menjadi optimis. Kemampuan berbicara ibarat senjata yang dapat dengan mudah memengaruhi orang lain, sehingga  tentu saja harus digunakan dengan bijaksana.

 

Meyakinkan orang lain merupakan hal yang sangat penting. Setiap orang bisa saja memiliki ide hebat, namun jika tidak bisa menyampaikannya pada orang lain tentu akan percuma. Lewat kemampuan public speaking yang baik untuk menguasai audiens serta berbicara efektif, kita bisa mendapat pengakuan bahwa kita ahli di suatu bidang, tapi tentu saja harus diimbangi dengan ilmunya. Public speaking dapat mengantarkan kita pada kesuksesan. Orang sukses pada umumnya memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan hal tersebut tercermin dari bagaimana ia berbicara di depan publik.

 

Steny menjelaskan langkah-langkah untuk menjadi public speaker yang baik, antara lain sebagai berikut:

 

Pertama, mulai dengan menyusun pesan yang akan disampaikan terlebih dahulu, bukan topik. Buat sesingkat mungkin, karena hal besar bisa datang dari yang kecil.

 

Kedua, kenali audiens kamu. Untuk menguasai audiens kita harus bisa mengidentifikasi mereka, caranya dengan melakukan riset yang tepat mengenai siapa audiens kita, apa latar demografi dan pendidikan mereka, serta kepentingan dan harapan mereka.

Ketiga, bangun koneksi. Setelah mengidentifikasi mereka, kita harus membangun keakraban dan kedekatan dengan audiens. Hal tersebut akan menjadi modal untuk menciptakan kenyamanan antara pembicara dan pendengar. The path to becoming a great public speaker is to becoming comfortable with sharing who you are with other people.

 

Keempat, plan your speech. Tidak ada kenyamanan tanpa persiapan yang matang dan latihan berkali-kali. Kita bisa karena biasa.

 

Kelima, sampaikan sebuah cerita. Manusia senang mendengar cerita. Sebelum membuat pesan, harus ada cerita yg menarik untuk dibagikan terkait pesan  yang akan disampaikan.

 

Namun, bagaimanapun kendala sering kali datang saat kita sedang tampil. Hal yang terpenting adalah menguasai kendala-kendala yang muncul tersebut. Berikut Steny memberi contoh beberapa kendala yang kerap muncul dan cara mengatasinya:

  1. Self-consciousness. Seringkali kita fokus terhadap diri sendiri, bukan pada materi yang akan disampaikan, sehingga kita menjadi paranoid saat persentasi. Untuk mengatasinya, kita perlu mengubah mindset. Penyumbang rasa takut terbesar adalah diri sendiri. Kita harus bisa menguasai dan mengendalikin diri dengan berpikir positif.
  2. Self-absorbed. Tak jarang kita memikirkan semua opini negatif yang akan mengganggu konsentrasi saat presentasi. Ingat, sukses dimulai dari antusiasme yang besar. Kuatkan motivasi diri. Jika kita tidak semangat terkait materi, siapa yang akan peduli?
  3. Spotlight Complex. Saat jadi pusat perhatian, beban hidup langsung terasa jadi lebih berat. Fight or Flight. Pilihan ada di kita. Saat kita tidak menguasai materi, kurang latihan dan riset, dan tidak punya antusiasme saat persentasi, kita akan sulit mencapai hasil yang besar. Ingatlah bahwa keberhasilan merupakan perjalanan panjang dari proses berlatih. Tidak ada orang yang langsung menjadi ahli dalam suatu bidang, sehingga kita perlu terus berlatih untuk mengasah kemampuan.
  4. Tidak punya rekan untuk mengoreksi serta memberi input dan kritik. Ini adalah hal yang sangat penting dalam proses persiapan sebelum tampil. Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki passion di bidang yang sama akan meningkatkan motivasi dan kemampuan.

 

Bagi teman-teman yang merasa memiliki passion di bidang public speaking, Steny berbagi tips:

 

Pertama, visualisasikan, ciptakan dan rencanakan sebuah rancangan ide. Dari corat-coret, baru turunkan ke outline. Susun materi dengan baik sehingga kita dapat berbicara lebih terstruktur.

Kedua, bangun engagement yang baik dengan audiens saat presentasi sehingga penjelasan kita akan membekas dengan baik.

Ketiga, seringlah berlatih berbicara depan cermin. Jangan takut terlihat seperti orang gila, karena orang gila justru mereka yang tidak berlatih saat akan berbicara.

Keempat, perbanyak mengikuti kegiatan organisasi atau komunitas dan ambil peran dominan bicara saat presentasi. Stand out in the crowd!

Kelima, perluaslah ilmu pengetahuan dengan banyak membaca informasi dari sumber terpercaya. Internet adalah ladang terluas yang bisa dieksplor. Kita bisa berlatih dengan melihat gaya bicara orang lain di Youtube dan menerapkannya.

Wah, banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari Steny Agustaf ya! Setelah mengetahui betapa pentingnya menguasai public speaking skills, sekarang giliran kamu mencoba dan menjadi great public speaker. Selamat mencoba!

 

 

 

Tulis Komentarmu