Banyak Nanya Pas Interview Kerja? Boleh Kok, Asalkan…

Banyak Nanya Pas Interview Kerja? Boleh Kok, Asalkan…

HRD: Ok sesi interview sudah selesai, ada yang ingin ditanyakan?”

Fresh graduate: Ada mba, hmm nganu, di sini gajinya mba berapa?”

HRD: hah?><:+:{P{xOx#@%!*))!

Hai YOTers! Di akhir interview kerja, biasanya kita suka dikasih kesempatan buat bertanya. Nah, kadang kita suka bingung nih, mau nanya tapi takut salah pertanyaannya. Gak nanya nanti disangkanya sok ngerti. Huft jadi sebenernya boleh nanya apa ngga sih? Apalagi untuk para fresh graduate nih, pasti punya kegalauan tentang hal yang satu ini. Nah, Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia punya jawabannya nih soal hal ini. Yuk disimak!

 

Seberapa penting bertanya saat interview kerja?

Penting karena biasanya kalo interview kerja, HRD sebatas liat CV, nanya-nanya dan sebenernya yang jadi poin plusnya kalo dia udah tau tentang perusahaan tempat dia interview. Jadi misalnya dia interview di TopKarir dan dia udah tau TopKarir itu apa, nanyain soal di posisinya nanti yang bakalan dikerjain tuh apa aja. Nah itu menurut saya jadi poin plus yang ngebuat anak ini sungguh-sungguh mau kerja di sini.

 

Apa kelebihan pelamar yang bertanya saat interview kerja? Apakah sudah pasti diterima kerja?

Kelebihannya pasti satu, dia lebih mengetahui tentang produknya si perusahaan yang bakal dituju dan dia keliatan lebih bersungguh-sungguh. Tapi kalo diterima apa ngga balik lagi; pertanyaan yang diajukan berbobot apa ngga. Kalo misalnya yang ditanyain mungkin kayak pertanyaan kepepet, atau standar-standar ya mungkin bisa aja diproses interview-nya. Tapi kalo yang pertanyaannya out of the box, consider untuk diterima bekerjanya akan lebih tinggi.

 

Pertanyaan ‘out of the box’ itu yang kayak gimana?

Waktu itu di TopKarir ada case-nya, dia apply suatu posisi di TopKarir dan dia tau TopKarir itu apa, dia sampe searching masalah fitur aplikasi TopKarir segala macem dan dia punya solusi dan inovasi untuk masalah tersebut. Dia kasih inovasi terbaru khususnya untuk IT yang ternyata bisa diaplikasikan ke produk kita untuk bisa memudahkan kita.

 

Attitude yang harus diperhatikan saat bertanya?

Attitude-nya lebih ke tenang aja, lalu perhatikan hal ini:

  1. Bertanya sesuai konteksnya. Istilahnya, kita tau kita mau ‘jual diri’ ke orang, gimana caranya orang ini impression-nya bagus ke kita, kita akan bertanya sesuai hak kita aja.
  2. Gaya bahasa yang baik. Di beberapa posisi pekerjaan gak terlalu formal, jadi disesuaikan aja.
  3. Tata bahasa, tergantung level pekerjaan. Kalo level direktur tentunya harus lebih sopan. Berbeda dengan staff. Balik lagi, job seeker harus lihat situasi dan kondisi dari culture perusahaan nya. Kalo kamu ngelamar di Startup terus interview pake bahasa formal, HRD juga akan takut nanti kita-kira dia akan nyaman atau gak kerja di sini.

 

Pertanyaan apa aja yang bisa diajukan saat interview kerja?

Kamu bisa bertanya tentang hal ini saat interview kerja:

  1. Seputar pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar
  2. Hak dan kewajiban diri kamu aja, tanpa harus menyinggung hal lain, seperti ‘di sini ada outing apa ngga?’ Karena ada beberapa perusahaan yang menganggap itu adalah hal yang sensitif.

Kalo nanya seputar apa yang akan kamu dapatkan, HRD akan lebih open untuk infoin. Saya pernah dapet kandidat yang nanya gaji beberapa divisi di sini. Menurut saya itu ga etis dan dari attitude udah langsung jelek dan perusahaan juga gak mau terima.

 

Kesalahan umum yang biasa ditemui dari pelamar kerja yang bertanya?

Kalo dari HRD, lebih ke pertanyaan yang kurang etis kayak nanya gaji divisi lain itu berapa, itu sudah sangat menyimpang. Karena interview kerja kan pertanyaan yang bisa diajukan seputar posisi dan perusahaan atau hak dan kewajiban. Tapi kalo nanya di luar dari itu, mungkin ada pembawaan HRD yang santai akhirnya malah menganggap sepele interview kerja dan berujung dengan ngomongnya kemana-mana. Itu yang suka terjadi. Mereka menganggap terlalu santai akhirnya yang ditanya bukan ranahnya mereka.

 

Boleh Gak Sih Fresh Graduate Nego Gaji Pas Interview Kerja?

Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia

 

Nah itu dia YOTers, jawaban dari Fitrianti Vidya Kusuma, HR Supervisor TopKarir Indonesia seputar boleh apa nggak sih nanya pas interview kerja. Sudah terjawab ya semua kegelisahan kamu tentang hal in? Semangat buat kamu yang akan menghadapi interview kerja ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *