Find Your Path !

Find Your Path !

By Redaksi YOTMagazine

 

Mengetahui tujuan hidup ke depan memang hal yang harus dimiliki oleh semua orang. Why? Billy Boen selaku Founder & CEO Young On Top sering mengatakan bahwa “Orang yang tidak tahu akan ke mana tidak akan pernah ke mana-mana.” Jika kita tidak mengetahui tujuan dengan jelas, kita tidak akan memiliki dasar di mana kita melandasi keputusan kita, membagi waktu kita, dan menggunakan sumber daya kita. Kita akan cenderung membuat pilihan-pilihan berdasarkan situasi, tekanan, dan suasana hati kita saat itu. Faktanya, orang-orang yang tidak mengenali tujuan mereka akan berusaha untuk melakukan terlalu banyak hal. Pasti YOTers tidak menginginkan hal ini terjadi kan? That is why we have to find out what our path is and how it goes.

 

Cara paling mudah untuk menemukan tujuan sebuah barang adalah dengan bertanya kepada penciptanya. Hal itu juga berlaku untuk manusia, hidup memang harus dimulai dengan Tuhan. Pertama-tama kita harus bertanya kepada Pencipta kita, apa yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan di bumi ini. Tentu hal ini bukan suatu hal yang singkat untuk langsung mengetahuinya. Namun, merupakan sebuah perjalanan panjang hingga akhirnya kita mengetahui jalan hidup kita. C. S. Lewis pun pernah mengatakan:

 

There are two kinds of people: those who say to God,

‘Thy will be done’, and those to whom God says, ‘All

right, then, have it your way’.”

 

Nah, tidak mau kan kalau akhirnya Tuhan berkata seperti itu kepada kita karena kita seenaknya sendiri? Try to find out the calling of yours! Yang kedua, jangan lupa untuk mengerjakan semua hal dan tanggung jawab yang ada di depan kita dengan serius. Terkadang kita terlalu menginginkan banyak hal hingga akhirnya bingung sendiri dan mengerjakan semuanya dengan tidak maksimal. Hal ini menyebabkan sesuatu yang seharusnya menjadi ‘lahan’ kita untuk melihat path dengan lebih jelas, malah menjadi kehilangan maknanya. Kita tidak sadar bahwa jalan tersebut merupakan path kita karena kita mengerjakannya secara asal-asalan.

 

Pasti YOTers ingat dengan values Young On Top do extramile serta do what you love and love what you do kan? Hal itu secara teknis merupakan modal utama untuk bisa mengetahui jalan kita sebenarnya. Kembangkan hal tersebut menjadi sebuah habit, dan buatlah hal tersebut menjadi bagian dari diri kita seutuhnya.

 

Nah, kalau value bekerja maksimal sudah menjadi karakter diri kita, kita akan mulai ‘kebanjiran order’ kerjaan dan bingung untuk memilih yang mana. Bagaimanakah cara memilih tawaran yang tepat? YOTers, peluang akan selalu ada di hadapan kita. Tentukan passion kita dan konsistenlah menjalani hal tersebut. Hal yang penting untuk digarisbawahi adalah the world is not about finding yourself but about creating yourself. Ya, kalau sudah terlihat bahwa kita suka menjalani suatu hal, berarti hal tersebut adalah ‘calon’ passion kita. ‘Calon’ passion itu tidak akan resmi disebut passion jika kita tidak melakukan apa-apa untuk mengetahuinya lebih dalam dan menjadi mahir dengannya. Misalnya saja, YOTers suka fotografi, namun hanya sebatas suka namun tidak explore more. Tidak mampu untuk membeli kamera? No, it is not a reasonable argument. Kamu bisa belajar ke seniormu yang lebih mengerti fotografi dan mereka akan dengan senang hati meminjamkan kamera mereka dan mendapatkan coaching langsung mengenai fotografi. Bahkan, kamu bisa mengikuti banyak pelatihan gratis seperti Kelas Pagi yang didirikan oleh Anton Ismael, seorang ahli fotografi lulusan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia di bidang Art in Photography Studies. Kesempatan akan selalu ada untuk mengembangkan minat kita, hal ini hanya tergantung seberapa besar niat yang kita miliki untuk explore more hal tersebut.

 

Finding our path merupakan sesuatu kegiatan yang bersifat aktif. Kita tidak akan bisa menemukan path kita yang sesungguhnya jika menjalani hidup tanpa ada target yang jelas. Aktif bertanya kepada Tuhan, aktif memberikan yang terbaik, dan aktif untuk explore more ‘calon’ passion kita adalah tiga kunci paling sederhana yang akan membawa kita menuju path kita masing-masing. Selamat menuju hidup yang lebih hidup, YOTers!

 

Tulis Komentarmu