Museum Sumpah Pemuda: Saksi Sejarah Pergerakan Pemuda Indonesia

Museum Sumpah Pemuda: Saksi Sejarah Pergerakan Pemuda Indonesia

Ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan dalam mengenang Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, yakni Museum Sumpah Pemuda. Museum ini merupakan bagian bersejarah dan jadi saksi bagaimana para pemuda Indonesia saat itu berikrar demi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Yuk, kita simak sejarah singkat dari Museum Sumpah Pemuda ini.

Dilansir dari museumjakarta.com, riwayat sejarah museum ini dimulai pada abad ke-20 dan dikenal dengan nama Gedung Kramat 106. Awalnya, museum ini merupakan gedung untuk pelajar Stovia sejak tahun 1908. Singkat cerita, hingga tahun 1927, kurang lebih ada 106 organisasi pemuda yang mengobarkan pergerakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Banyak rumusan perjuangan dicetuskan di sini, mulai dari adanya kongres Sekar Roekoen, PPPI dan Pemuda Indonesia. Hingga akhirnya Gedung Kramat menjadi bagian bersejarah dari Sumpah Pemuda. Karena, di museum inilah diselenggarakan Kongres Pemuda 2 pada tanggal 15 Agustus 1928. Mengingat gedung ini sebagai bagian bersejarah dari Sumpah Pemuda, maka pada 3 April 1973, gedung ini dipugar oleh Pemda DKI Jakarta yang kemudian selesai pada 20 Mei 1973.

Setelah adanya berbagai usulan dan pengajuan di tahun 1983, dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.029/O/1983 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto dimana Gedung Sumpah Pemuda diganti dengan nama Museum Sumpah Pemuda.

Salah satu koleksi museum di Sumpah Pemuda yang menarik perhatian adalah biola Wage Roedolf Soepratman, alat musik yang digunakan untuk menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang kemudian diperdengarkan pertama kalinya pada saat Kongres Pemuda di Gedung Kramat 106 tanpa syair.

Buat kamu yang mau berkunjung, lokasi Museum Sumpah Pemuda terletak di Jalan Kramat Raya No.106, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

#SumpahKitaSumpahPemuda

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *