Iman Usman, yang Muda yang Berprestasi

Iman Usman

Muhammad Iman Usman lahir di Padang pada tanggal 21 Desember 1991. Sejak kecil ia telah menunjukkan minat dan ketertarikannya pada dunia kerelawanan dan pengembangan masyarakat. Ia memulai aktivitas sosialnya pada usia sepuluh tahun. Sejak kecil ia mendapati kenyataan bahwa banyak anak-anak mampu namun tak begitu peduli terhadap buku pelajaran. Sementara banyak anak yang tak mampu, namun sangat membutuhkan buku. Jiwa sosialnya terasah dengan melihat sekitar. Iman lantas meletakkan rak buku di teras rumahnya, agar setiap anak bisa membaca. Dia juga menerima sumbangan kawan-kawannya, untuk dibaca anak-anak lainnya. Sejak saat itu pula, Iman telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi khususnya dalam aktivitasnya mempromosikan dan memperjuangkan hak-hak anak dan dialog antarbudaya.

Pada tahun 2008, Iman menerima penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2008 dari Presiden RI dan United Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development 2011 di New York, serta Mondialogo Junior Ambassador for Intercultural Dialogue oleh DAIMLER dan UNESCO. Pada tahun 2009, Iman terpilih sebagai salah satu dari 10 anak di dunia penerima penghargaan World Youth Achiever Recognition oleh Friendship Ambassador Foundation Amerika Serikat dan terpilih sebagai Penasehat Remaja United Nations Population Fund Indonesia. Prestasi Iman lainnya pada tahun 2010 adalah terpilih sebagai Duta Muda ASEAN dan mewakili Indonesia untuk G-20 My Summit di TorontoKanada. Dalam kesempatan itu, ia berpidato di hadapan Youth Assembly PBB. Selain itu, ia juga terpilih sebagai penerima penghargaan Microsoft Bloggership 2011, yaitu penghargaan yang diberikan oleh Microsoft setiap tahunnya bagi blogger muda yang berpikiran maju dan terbuka, serta peduli pada isu-isu edukasi serta pemanfaatan teknologi bagi peningkatan kualitas SDM dan pemberdayaan masyarakat.

Setamat SMA di Padang, Iman melanjutkan pendidikannya ke FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Pada bulan Mei 2012, Iman berhasil terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2012, dan pada bulan Juli pada tahun yang sama ia juga menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional. Tahun 2009, Iman bersama 7 pemuda Indonesia lainnya mendirikan Indonesian Future Leaders, sebuah organisasi pemuda yang mempunyai visi untuk menjadikan generasi muda Indonesia sebagai generasi yang kompeten pada bidang yang ditekuninya, dapat membawa perubahan positif, dan menjadi inspirasi bagi lingkungannya. Iman juga menggagas pembentukan Parlemen Muda, sebuah wadah yang memberi kesempatan bagi anak muda untuk merasakan duniaparlementer dan menjadi jembatan bagi suara mereka kepada pengambil kebijakan. Prestasi Iman lainnya adalah terpilih sebagai salah satu nominasi Kick Andy Heroes pada tahun 2012.

Iman menamatkan studi sarjananya di bidang Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Indonesia, pada tahun 2012. Saat ini Iman bekerja sebagai Perwakilan Amerika Serikat untuk Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Internasional, sembari menjalankan studi pascasarjananya di bidang International Education Development, di Columbia UniversityNew YorkAmerika Serikat.

Tulis Komentarmu