Gagal di Interview Kedua? Ini Dia Tipsnya!

Gagal di Interview Kedua? Ini Dia Tipsnya!

Saat kita melamar kerja, biasanya tahap interview-nya gak cuma sekali, tapi bisa dua atau bahkan tiga kali, tergantung dari jabatan yang kamu lamar. Semakin tinggi (level senior) jabatannya, maka biasanya akan lebih banyak tahapan interview-nya. Tapi kita gak usah bahas jauh dulu ke tahapan interview tertinggi, kita bahas dulu gimana tips sukses untuk kamu melewati interview kedua.

Buat kamu yang lolos interview pertama dan dipanggil untuk interview kedua, kamu jangan sia-siain kesempatan ini. Karena, nyatanya kamu mampu mengalahkan banyaknya pesaing untuk posisi itu. Biasanya, dalam interview kedua ini akan lebih ditanyain soal keahlian kamu dan apa yang menjadi kelebihan kamu dibanding pelamar yang lainnya. Kamu jangan takut ya! Justru kamu harus memanfaatkan momen ini biar kamu terlihat istimewa dan cocok untuk jadi karyawan di perusahaan itu. Gimana tipsnya? Ini dia dilansir dari Entrepreneur.com:

  1. Kamu Harus Terlihat Antusias

Kamu tau gak, kalo tingkat antusias kita itu menentukan kecerdasan emosional kita? Nah, makanya di interview kedua ini kamu harus terlihat antusias sama pekerjaan yang akan kamu dapatkan. Kalo kamu terlihat antusias, ini kemungkinan bakal menimbulkan komunikasi dua arah. Nantinya, kamu mungkin bisa tahu informasi tentang perusahaan tersebut.

  1. Kasih Pandangan yang Menarik Tentang Dirimu

Kamu harus terlihat ‘menjual’ keahlian dan keterampilan kamu di interview kedua ini. Kasih tau pengalaman kerja kamu, kasih tau juga sudut pandang yang menarik tentang diri kamu. Ceritain juga prestasi apa yang udah kamu raih, sifat profesionalitas kamu saat bekerja. Ini bisa jadi poin plus untuk kamu lho!

  1. Kasih Tau Soft Skill dan Hard Skill Kamu

Nah, kamu harus ceritain soal hard skill dan soft skill kamu. Udah tau bedanya kan YOTers? Misalnya hard skill kamu adalah menulis, menganalisa. Sedangkan soft skill kamu adalah mampu bekerja sama dalam tim, memiliki inisiatif tinggi,kemampuan public speaking dan sebagainya. Jadi, si interviewer juga akan mendapatkan gambaran jelas dan spesifik mengenai keahlianmu.

  1. Siapkan Nominal Gaji

Interview kedua biasanya akan dibahas soal gaji. Nah, kamu udah harus siap untuk hal ini. Kamu udah harus menetapkan berapa besaran gaji yang mau kamu terima. Jangan ragu untuk kasih usul kamu, karena nantinya juga akan dipertimbangkan oleh interviewer-nya.

  1. Kasih Pertanyaan yang Menarik dan Berbeda

Di penghujung interview, biasanya kamu dikasih kesempatan untuk bertanya. Kamu bisa manfaatkan momen ini dengan memberikan pertanyaan yang berkesan, misalnya soal budaya perusahaan, visi misi perusahaan dan sebagainya.

 

Nah, itu dia tips sukses melewati interview kedua. Semoga kamu bisa melewati segala tahapan interview kerja dengan baik ya. Tetap semangat YOTers!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *