Jokowi Lepas 798 Guru ke Daerah Perbatasan

Jokowi Lepas 798 Guru ke Daerah Perbatasan

Presiden Joko Widodo melepas sekitar 798 orang guru ke daerah perbatasan di empat provinsi di Indonesia, Senin (25/5/2015). Jokowi merasa keberadaan mereka sangat penting bagi pemerataan pendidikan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil.

"Negara kita ada lebih dari 17 ribu pulau besar maupun kecil. Kita juga mempunyai daerah-daerah terpencil, daerah perbatasan. Kabupaten yang membutuhkan pendidikan, pendidik, guru, yang saya lihat waktu saya ke daerah," ujar Jokowi dalam seremoni pelepasan di Istana Negara, Senin pagi.

Jokowi melihat kondisi pendidikan di Dompu, Merauke, hingga Entikong sangat membutuhkan tambahan tenaga pendidik. Karena itu, keberangkatan generasi pertama guru-guru yang ditugaskan ke perbatasan sangat penting.

"Apabila sangat dibutuhkan, dan saya kira perlu, maka akan diberangkatkan angkatan berikutnya," ucap dia.

Selain menyebar penugasan guru ke wilayah-wilayah terpencil, Jokowi juga mengungkapkan pemerintah akan melakukan perbaikan infrastruktur di wilayah itu. Perbaikan infrastruktur diperlukan untuk memudahkan peserta didik menimba ilmu di sekolahnya.

Jokowi bercerita saat melakukan kunjungan kerja ke Wamen, dia bertanya ke salah seorang pelajar. Pelajar itu mengaku harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki selama 2,5 jam untuk ke sekolah.

"Ini menjadi tugas pemerintah," kata dia.

Jokowi menuturkan, pemerintah juga berkewajiban memberikan peningkatan jaminan hidup yang memadai bagi para guru yang ditugaskan di tempat-tempat terpencil dengan memberikan tunjangan fungsional.

Di luar itu, pemberian asuransi yang menjamin keamanan dan keselamatan serta fasilitas untuk mengembangkan keilmuan serta jenjang promosi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menjelaskan, guru-guru yang dikirim itu merupakan hasil seleksi CPNS tahun 2015. Mereka nantinya akan menjadi guru garis depan permanen di wilayah yang ditugaskan.


Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2015/05/25/11480811/Jokowi.Lepas.798.Guru.ke.Daerah.Perbatasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *