Pekan Jurnalistik 2018: Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi

PEKAN JURNALISTIK MEDIA PUBLICA 2018 1

Pekan Jurnalistik 2018 (Pekjur), merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Media Publica. Acara ini akan berlangsung pada 27 – 29 November 2018 di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jalan Hanglekir I No. 8 Jakarta Pusat.

Acara yang mengusung tema “Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi” ini membahas tentang bagaimana etika yang bijak dalam bermedia sosial, mengulik teknik reportase berita serta bagaimana masa depan profesi seorang jurnalis. Hal ini menjadi relevan dengan berkembang pesatnya informasi data yang melimpah serta pemanfaatan teknologi dalam mengolah berita.

Sebagai mahasiswa komunikasi, kami melihat perkembangan teknologi sangat berpengaruh di berbagai aspek kehidupan, salah satunya yakni dalam ilmu komunikasi. Di era big data, perkembangan internet yang tinggi bersamaan dengan datangnya informasi data yang melimpah, menimbulkan tantangan baru bagi berbagai industri. Adanya jurnalisme data merupakan salah satu bentuk pemanfaatan big data yang dapat dilakukan oleh industri media.

Adapun tujuan dari penyelenggaran acara ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai jurnalisme data serta kaitannya dengan teknologi komunikasi, dan mengenalkan lapangan pekerjaan di bidang jurnalistik.

Sebagai rangkaian acara, kami akan menyelenggarakan Seminar dan Talkshow, berikut adalah agendanya:

Hari 1: Jurnalisme Robot & Masa Depan Jurnalis

PEKAN JURNALISTIK MEDIA PUBLICA 2018 2

Pembicara                 : Rahadian P. Paramitha (Wakil Pemimpin Redaksi Beritagar.id)

Hari / Tanggal           : Selasa, 27 November 2018

Waktu                         : 10.00 WIB – 12.00 WIB

Tempat                       : LAB Humas Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

 

Hari 2: Etika Mengutip Data dari Media Sosial

PEKAN JURNALISTIK MEDIA PUBLICA 2018 3

Pembicara:

  1. Imam Wahyudi (Anggota Dewan Pers, Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers)
  2. Dr. Hendrasmo (Tenaga Ahli Ditjen Informasi Komunikasi Publik)

Hari / Tanggal           : Rabu, 28 November 2018

Waktu                         : 10.00 WIB – 12.00 WIB

Tempat                       : LAB Humas Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

 

3. Hari 3: Jurnalisme Investigasi: Teknik Reportase Berita

PEKAN JURNALISTIK MEDIA PUBLICA 2018 4

Pembicara                 : Bagja Hidayat (Redaktur Tempo.co)

Hari / Tanggal           : Kamis, 29 November 2018

Waktu                         : 10.00 WIB – 12.00 WIB

Tempat                       : LAB Humas Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

 

Untuk info lebih lanjut mengenai acara ini maupun pembelian tiket dapat menghubungi Shanaz (085780509111) atau Dzaky (083819604544).

Sebagai informasi, LPM Media Publica merupakan Wadah Kegiatan Mahasiswa (WKM) yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Sebagai bagian dari Ilmu Komunikasi, tidak ketinggalan kami menyisipkan unsur komunikasi yang menjadi identitas kami sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi di dalamnya. Selain itu, Media Publica bekerja sama dengan pelaku industri media online dalam menampilkan materi seputar jurnalisme data.

Pekan Jurnalistik 2018 juga didukung oleh media partner, salah satunya Young On Top, sebuah komunitas yang fokus pada pengembangan potensi generasi muda di Indonesia baik secara skill, knowledge dan attitude. Berawal dari sebuah buku berjudul “Young On Top” yang ditulis oleh Billy Boen pada tahun 2009, kini Young On Top (YOT) telah berkembang menjadi komunitas yang tersebar di 24 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Jember, Banyuwangi, Bengkulu, Solo, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Bali, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Padang, Pekanbaru dan Purwokerto.

One thought on “Pekan Jurnalistik 2018: Jurnalisme Data di Era Keterbukaan Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *