Jalan-Jalan Di Jakarta Tidak Selalu Ke Mall

Jalan-Jalan Di Jakarta Tidak Selalu Ke Mall

Bagi Anda yang bingung mencari destinasi wisata pada hari libur, berwisata sejarah di Jakarta dapat menjadi pilihan.

Museum Sejarah Nasional atau yang dikenal Monumen Nasional (Monas) dapat Anda kunjungan. Museum yang terletak di bawah Tugu Monumen Nasional ini menyajikan puluhan diorama mengenai sejarah Indonesia, dari zaman pra-sejarah hingga Orde Baru.

Letaknya museum ini berada di Jakarta Pusat tepatnya di Lapangan Merdeka Silang Monas. Museum ini buka setiap harinya pada pukul 08.00 hingga 15.00.

Dari Monas, Anda bisa mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang terletak di Jalan Imam Bonjol, No.1, Menteng, Jakarta Pusat.

Museum ini dulunya menjadi tempat naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibuat. Sejarah proses dibuatnya naskah proklamasi, foto-foto tokoh yang hadir pada saat penyusunan proklamasi, dan sejarah revolusi pada awal kemerdekaan pun disajikan di Museum ini. Pada hari Sabtu dan Minggu, museum perumusan naskah proklamasi buka pada pukul 08.30 hingga 17.00.

Monumen proklamator dapat menjadi tujuan wisata Anda. Monumen yang terletak di Jl.Pegangsaan Timur no.56 Jakarta Pusat inilah tempat Soekarno, dwitunggal proklamator Bapak Ir.Sukarno membacakan naskah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Museum Joang '45 juga menjadi tempat bersejarah karena bekas tempat yang dijadikan pusat kegiatan kepemudaan pada 1940-an. Museum ini mengoleksi berbagai foto dan diorama tentang perjuangan kemerdekaan, barang-barang peninggalan pejuang, hingga mobil dinas Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Terletak di Menteng Raya No.31, Jakarta Pusat, Museum ini buka dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Museum Sumpah Pemuda menjadi tempat berlangsungnya Kongres Pemuda II yang menghasilkan Sumpah Pemuda pada 1928. Museum ini menyajikan dokumentasi sejarah mengenai Sumpah Pemuda.

Biola milik W.R. Soepratman yang digunakannya saat memperkenalkan lagu Indonesia Raya pertama kali ini pun juga ada di Museum ini. Letak museum Sumpah Pemuda berada di jalan Kramat Raya, No.106, Jakarta Pusat ini buka dari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Berada di bangunan bekas sekolah kedokteran Stovia pada 1899, Museum Kebangkitan Nasional dapat Anda kunjungi.

Sejarah, foto, dan diorama mengenai Kebangkitan Nasional, serta patung dan foto tokoh-tokoh penting pada masa tersebut berada di Museum ini.

Letaknya berada di Jalan Abdul Rahman Saleh, No.26, Senen, Jakarta Pusat, museum ini dapat Anda kunjungi pada Sabtu dan Minggu, pukul 08.30 hingga 14.00.


Sumber: http://jakarta.bisnis.com/read/20140811/387/248910/city-guide-beberapa-museum-di-sekitar-monas

Tulis Komentarmu