Agar Persepsi Terhadap Diri Sendiri Tidak Goyah

Agar Persepsi Terhadap Diri Sendiri Tidak Goyah

Dalam melihat kualitas yang ada dalam diri, setiap orang pasti memiliki cara pandang tersendiri. Namun, banyak orang cenderung mudah terpengaruh dengan orang lain yang pada akhirnya dapat mengubah persepsi tentang diri mereka.

Selain itu, banyak orang menggantungkan harapan terlalu tinggi dalam hidup mereka. Akhirnya, mereka hanya mendapatkan kekecewaan dan tidak bisa mencapainya sesuai dengan yang mereka harapkan. 

Bagaimana cara untuk tetap berdiri pada persepsi diri sendiri?

– Berhenti mencoba menjadi sempurna
Setiap orang pasti ingin selalu terlihat sempurna dalam berbagai bidang. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak akan pernah menjadi sempurna jika Anda menggantungkan harapan terlalu tinggi. Anda hanya akan menuai kekecewaan. Sebaliknya, buat batasan dalam diri Anda dan tetapkan tujuan yang realistis yang Anda mampu dan dapat melakukannya.

– Fokus pada sesuatu yang Anda anggap benar
Fokus pada hal-hal yang benar dalam hidup akan mengingatkan Anda tentang kualitas Anda. Hal ini membantu menempatkan hal-hal ke dalam perspektif dan membantu mengubah persepsi Anda tentang diri Anda. 

– Minta pendapat dari orang yang Anda percaya
Jika Anda merasa kurang percaya dengan kualitas diri Anda, berbicaralah dengan orang-orang terdekat seperti orangtua, saudara, kerabat atau teman dekat Anda. Cara ini akan membantu Anda melihat bahwa Anda memiliki banyak kualitas yang baik dalam hidup Anda.

– Berhenti membandingkan diri dengan orang lain
Ya, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekukarangannya masing-masing, jadi akan sia-sia jika Anda membandingkan diri Anda dengan mereka. Membandingkan boleh-boleh jika itu akan memotivasi Anda. Namun, membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat Anda merasa rendah.

– Jangan dengarkan hal-hal negatif
Sangat mungkin jika ada seseorang yang berkomentar negatif tentang diri Anda. Jika itu terjadi, jangan langsung percaya apa pun yang Anda dengar. Mereka membicarakan hal-hal negatif tentang Anda mungkin lantaran mereka cemburu atau mengharapkan kesempurnaan dari orang lain. Jadi, kontrol diri Anda agar tak terjerumus dengan komentar-komentar negatif yang pada akhirnya bisa mengubah persepsi Anda tentang diri Anda.

– Tingkatkan mood Anda
Mood yang baik tentu sangat mempengaruhi cara berpikir Anda. Jadi luangkan waktu untuk meningkatkan mood Anda supaya dapat selalu berpikir dengan jernih, misalnya dengan tidur yang cukup dan pola makan yang sehat. Pola tidur dan makanan yang baik dapat menyeimbangkan zat kimia di otak yang mempengaruhi suasana hati dan emosi. Anda juga dapat meminta suplemen herbal pada dokter untuk membantu secara mental dan emosional.

– Yakinkan diri
Mengubah persepsi Anda tentang diri Anda tidak akan berlangsung hanya dalam semalam. Untuk itu, Anda harus terus meyakinkan diri sendiri dan selalu berfokus pada kualitas yang baik dalam diri Anda. Bahkan saat Anda terpuruk, Anda tetap harus melakukan hal ini

Sumber: http://rona.metrotvnews.com/read/2015/05/19/397537/tips-agar-persepsi-tentang-diri-sendiri-tak-mudah-goyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *