Pawai Aksi Baik: Rangkaian Acara Menuju Festival Relawan

Pawai Aksi Baik Indorelawan 1

 

Dalam menyambut acara Festival Relawan yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2018, Indorelawan menyelenggarakan Pawai Aksi Baik pada hari Minggu kemarin 25 November 2018. Pawai yang diikuti oleh beberapa komunitas ini diselenggarakan di Car Free Day di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Komunitas dan tim aksi baik yang mengikuti pawai dengan bersemangat berjalan sambal mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam Festival Relawan dan terlibat dalam kampanye 10 jam aksi baik.

Komunitas Young On Top pun ikut terlibat dalam keseruan Pawai Aksi Baik ini. Komunitas Young on Top yang juga mengajak anak muda untuk peduli dengan sosial dan lingkungan sekitarnya percaya bahwa semakin banyak masyarakat dan anak muda Indonesia yang mau terlibat aktif dengan kegiatan-kegiatan sosial bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik. Keseruan kegiatan Pawai Aksi Baik juga terlihat dari antusiasme komunitas-komunitas, tim aksi baik, serta masyarakat yang hadir  di car free day pada saat itu. Pawai Aksi Baik juga dimeriahkan dengan flashmob dan juga ajakan untuk ikut serta dalam 10 jam aksi baik dengan memberikan tanda tangan. Sebelumnya, pada hari Sabtu 24 Desember 2018, tim aksi baik juga membuka seminar tentang bagaimana kita memposisikan diri kita di sosial media serta tentang pembuatan poster aksi baik yang akan dibawa pada saat pawai aksi baik.

Untuk mendukung Indonesia sebagai negara yang kental dengan budaya gotong royongnya, Festival Relawan kembali diselenggarakan di tahun 2018 ini. dengan mengusung tema Ambil Peranan Jadi Relawan yang bertujuan agar meningkatkan semangat masyarakat Indonesia khususnya anak muda untuk terlibat dan memberikan apresiasi kepada relawan dan komunitas yang terlibat mengubah Indonesia menjadi lebih baik.

Festival Relawan merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada Bulan Desember setiap tahunnya guna mengembalikan semangat gotong royong masyarakat Indonesia, sekaligus memberikan apresiasi kepada relawan dan komunitas yang terlibat untuk membuat Indonesia lebih baik. Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk memperingati Hari Relawan Internasional (5 Desember) dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (26 Desember). Pada gelaran tahun 2018 ini, Festival Relawan mengambil tema Ambil Peran Jadi Relawan. Acara puncak dari rangkaian kegiatan ini pun dinamakan sama, yaitu Festival Relawan, akan diselenggarakan pada 1 Desember 2018 di Area Piazza, Gandaria City, Jakarta Selatan.

“Tahun 2018 bisa dibilang tahunnya relawan, karena begitu banyak anak muda terlibat jadi relawan. Ini memberi contoh kalau anak muda tidak enggan lagi jadi relawan. Festival Relawan hadir, agar inisiatif ini mendapat apresiasi dan terus dijaga semangat,” ucap Maritta C. Rastuti, Koordinator Tim Aksi Baik.

Nyatanya, saat ini anak muda memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi, terlihat dari bagaimana aktivitas relawan banyak diminati oleh anak muda. Aktivitas sosial dan relawan berperan penting pada kehidupan masyarakat Indonesia. Dari sekadar aktivitas kerja bakti membersihkan jalanan atau mengajar di rumah belajar, sampai mengirim bala bantuan ke tempat-tempat terkena bencana seperti yang terjadi di Lombok, Palu, Donggala.

Pawai Aksi Baik Indorelawan 2

 

YOTers jangan sampai ketinggalan kegiatan puncak dari Festival Relawan yang akan diselenggarakan di Gandaria City tanggal 1 Desember mendatang. Dengan menghadirkan pembicara ternama seperti Morgan Oey, Najeela Shihab, Pangeran Siahaan, Faisal Basri, Cameo Project, Trivet Sembel, dan lainnya. Tidak ketinggalan juga, acara puncak ini akan dilengkapi dengan sejumlah aktivitas hiburan seperti penampilan musik dan stand-up comedy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *