Anies Baswedan Mengajak Masyarakat Berkunjung Ke Museum

Anies Baswedan Mengajak Masyarakat Berkunjung Ke Museum

Memasuki acara puncak perayaan Festival Hari Museum Internasional dan 237 Tahun Museum Nasional Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan, mengajak generasi muda dan masyarakat untuk meramaikan museum yang ada di Indonesia.

"Kita perlu kerja lebih keras untuk menjangkau lebih jauh. Sekarang, masyarakat yang terjangkau belum luas. Kita bersama komunitas pecinta museum, mengajak lebih banyak orang untuk mau kembali meramaikan museum. Pihak museum juga harus mau menata diri agar membuat pengalaman mengunjungi museum menjadi mengesankan," tutur Anies saat ditemui di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Anies berharap, musem di Indonesia dapat menampilkan kesan yang lebih menarik, jauh dari imej kuno dan tidak menarik.

"Kesan yang baik harus ditampilkan museum-museum di Indonesia agar menimbulkan kesan addicted (ketagihan). Saya berharap masyarakat yang datang akan mendapatkan edukasi non formal sebagai hikmah atas kehidupan dulu untuk kehidupan sekarang," serunya.

Anies juga menantang para arsitektur agar mampu memberikan kontribusi yang lebih baik lagi dalam pembangunan Indonesia.

"Dengan adanya berbagai acara yang disajikan di Museum Nasional, diharapkan dapat dijadikan sebagai jembatan, serta wadah untuk menggandeng masyarakat, merefleksikan upaya para pelaku sejarah karena museum bukan sekadar tempat untuk mengenang masa lalu," tandasnya. 

Sumber: http://hiburan.metrotvnews.com/read/2015/05/25/399179/anies-baswedan-bangun-kesadaran-masyarakat-berkunjung-ke-museum

Tulis Komentarmu