Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Overthinking

Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Overthinking

Sering kali kita terlalu khawatir terhadap suatu hal yang belum pernah kita coba atau belum pernah kita lakukan. Sehingga, kita mengesampingkan aspek yang lain dalam hidup kita hanya untuk menghindari rasa kecewa terhadap suatu hal. Nah, itulah yang disebut dengan overthinking. Kalian tahu gak YOTers, kalau kamu selalu overthinking maka kamu akan dipenuhi rasa khawatir tanpa henti dan kamu cenderung gak mau mencoba hal baru.

Dilansir dari Inc.com, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bersikap overthinking. Pertama, jangan suka membandingkan diri kamu dengan orang lain. Karena, kemampuan kita dengan orang lain itu berbeda. Sehingga, saat kamu berusaha untuk mencapai apa yang orang lain raih, sedangkan gak didukung dengan kemampuan yang ada, kamu akan terus overthinking.

Kedua, banyak membaca. Karena kekhawatiran itu muncul dari diri kita sendiri, maka dari itu kita perlu saran atau perbanyak referensi diri dengan membaca. Membaca bisa mendorong diri kita untuk menghilangkan rasa khawatir dan menumbuhkan ide dan strategi baru. Ketiga, jangan terlalu berfokus pada rencana cadangan. Maksudnya, kamu harus fokus terhadap apa yang kamu raih. Sehingga, kamu akan lebih mudah dan menikmati prosesnya dibandingkan dengan menyiapkan banyak cadangan karena khawatir apakah rencanamu bisa berjalan atau tidak.

Keempat, harus berani mencoba. Daripada kamu terus berasumsi dan khawatir, lebih baik kamu mencobanya dan berani mengambil risikonya. Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi atau menghilangkan overthinking. Selain itu, bertemanlah dengan orang-orang yang penuh dengan semangat dan positive thinking. Lingkungan juga akan berpengaruh terhadap kehidupanmu lho, YOTers! Intinya, kamu harus stay positive thinking ya, karena overthinking hanya akan membuat kamu sulit maju dan berkembang. Selain itu, kamu juga gak mau mencoba hal-hal baru dan yang pastinya hidupmu akan terus dipenuhi rasa khawatir, cemas dan tidak pernah bersyukur.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *