Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Perluas Bisnismu

Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Perluas Bisnismu

Bagi para entrepreneur, tentunya kalian mau dong bisnis yang kalian punya semakin maju dan berkembang? Nah,membangun dan mengembangkan bisnis juga gak semudah seperti yang kita bayangkan. Banyak juga tantangan yang harus kita hadapi dan setiap keputusan yang kita ambil memiliki risiko terhadap bisnis kita. Dilansir dari Inc.com, inilah hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum kamu perluas bisnismu:

  1. Bagaimana Relasimu dengan Konsumen

Bisnis itu gak hanya urusanmu dengan rekan kerjamu saja, tapi juga dengan konsumen sebagai target bisnismu. Bagaimana tingkat kebutuhan para konsumen dengan bisnis kamu. Nah, penting bagi kamu untuk melakukan survey terhadap para konsumen mengenai bisnis kamu sejauh ini, baik dari segi pelayanan hingga penyajian.

  1. Kesigapan dalam Memperbaiki Kesalahan

Kalau kamu gak bisa memperbaiki masalah kecil, bagaimana kamu bisa memperbaiki kesalahan yang besar? Apalagi di saat kamu ingin memperluas bisnismu, di mana tantangan yang lebih besar akan muncul. Terlebih lagi, masalah bukan hanya untuk diperbaiki tapi juga diantisipasi agar tidak terulang kembali. Nah, lalu gimana kesigapan kamu dalam memperbaiki kesalahan sejauh ini?

  1. Bagaimana Tingkat Optimisme Kamu

Bagaimana rasa optimisme kamu terhadap bisnis yang kamu jalankan juga penting lho, YOTers. Saat kamu gak optimis terhadap bisnismu, lalu gimana kamu bisa mengembangkan bisnis kamu lebih luas lagi? Kesuksesan itu datangnya dari tingkat kepercayaan diri kita sendiri lho.

  1. Bagaimana Kamu Menyesuaikan Diri dengan Pasar

Kamu gak bisa membuat pasar menyesuaikan diri dengan bisnis kamu, melainkan kamu yang harus menyesuaikan diri dengan pasar. Mungkin di saat ini, bisnis kamu mampu menjadi solusi dari permasalahan yang ada di masyakarat. Namun, satu tahun ke depan, belum tentu keadaannya masih bisa seperti itu. Intinya, lakukan perencanaan bisnismu dengan matang ya.

Nah, itu dia berbagai hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum perluas bisnismu. Jiwa pantang menyerah, selalu mau belajar jadi bagian penting dalam entrepreneurship. Semangat YOTers!

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *