Merdu Suara Putra-Putri Bangsa di Spanyo

Merdu Suara Putra-Putri Bangsa di Spanyo

Putera-puteri Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Pada Festival Coral Internacional Canta al Mar, Spanyol, mereka memborong banyak medali.

Saat itu momen begitu mengharukan, pekik histeria penuh bangga, Indonesia! Indonesia! menggema setiap kali nama kelompok Indonesia disebut sebagai peraih medali emas atau perak dalam kompetisi paduan suara bergengsi selama empat hari di kota Calella (17-21/10/2012) kala itu.

Kelompok paduan suara Sola Fide Voice Palangkaraya berhasil merebut medali emas dalam kategori Mixed Choir yang tingkat kesulitannya tinggi (level I).

Selain itu kelompok yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah tersebut juga menyabet medali emas dalam kategori Folklore, sekaligus mengukuhkan mereka sebagai juara umum kategori ini.

Masih dalam kategori sama, kelompok Marsudirini Childrens Choir juga meraih medali emas, sementara 78 Youth Choir berhasil menggondol medali perak. Di samping itu kelompok paduan suara dari SMAN 78 Jakarta Barat ini juga memboyong medali emas dan keluar sebagai pemenang kategori Youth Choir Mixed Voice.

Gemerincing medali di kubu Indonesia masih belum berhenti dengan berhasil diraihnya medali perak oleh Pangudi Luhur Youth Choir dalam kategori Childrens Choir.

Kemudian The Choral Singers Jakarta menyempurnakan harum nama Indonesia dengan medali emas dalam kategori Jazz dan kategori Popular Choral Music, yang lagi-lagi membuat Indonesia dinobatkan sebagai pemenang kategori ini.

Totalnya Indonesia diwakili 9 kelompok paduan suara yakni Marsudirini Childrens Choir, Pangudi Luhur Youth Choir, 78 Youth Choir, Nines Voice SMAN 9 Binsus Manado, Purna Gita Bahana Nusantara Banjarbaru, The Chorale Singers Jakarta, The Hope Voice Choir Papua, Sola Fide Voice Palangkaraya, dan Jakarta Chamber Singers,

Dalam festival yang diselenggarakan oleh jaringan festival internasional INKULTUR itu para belia Indonesia harus bertanding melawan 70 kelompok paduan suara lainnya dari 35 negara.

Krisnawati Desi Purnawestri dari Pensosbud KBRI Madrid kala itu menyebut prestasi ini sungguh membanggakan dan harus diketahui serta didukung bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia. Melalui kompetisi paduan suara, tercipta suatu harmoni, persatuan, persahabatan, dan perdamaian.

Hal itu tampak jelas ketika dari berbagai kelompok paduan suara asal berbagai daerah di Indonesia, yang tadinya tidak saling kenal sebelumnya, pada ajang tersebut mereka dapat bersatu dan saling mendukung satu sama lain.

Dalam sejarah penyelenggaraan suatu festival di Spanyol, partisipasi Indonesia tahun ini tercatat dalam jumlah terbesar. Dan hebatnya, mereka berhasil membuktikan prestasinya dengan menjuarai berbagai kategori dan memantik kekaguman panitia dan peserta dari negara-negara lainnya.

"Indonesia kini menjadi semakin dikenal tidak hanya sebagai negara yang memajukan budaya tradisionalnya, tapi juga berprestasi dalam budaya internasional," pungkas Desi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *