Menag: Pelaku Sahur on The Road Tertib,

Menag: Pelaku Sahur on The Road Tertib

Selama bulan Ramadan, tak sedikit komunitas yang melaksanakan sahur on the road yakni membagi-bagikan makanan untuk warga yang kurang mampu. Belakangan, tak jarang pelaksanaan kegiatan ini jadi ajang berkumpul, konvoi bahkan berujung bentrok.

"Perilaku yang kadang ingin melakukan Sahur On The  Road (SOTR) kemudian konvoi, menimbulkan kemacetan atau gangguan lalu lintas harus menjadi perhatian bersama sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang mengurangi kesucian dari Ramadan itu sendiri," kata Menteri Agama Lukman Hakim usai bertemu Wapres Jusuf Kalla di kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus, Rabu (17/6/2015).

Ia menghargai niat baik beberapa orang yang ingin membagi-bagikan makanan sahur untuk kaum kurang mampu atau yang tidur di pinggir jalan. Namun, menurutnya banyak hal yang harus diperhatikan yakni soal kualitas makanan dan ketertiban selama melaksanakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, sangat tidak elok jika niat baik tersebut harus diciderai dengan perilaku pembagi makanan yang ugal-ugalan di jalan atau bahkan terlibat perkelahian. Ia mengimbau agar seluruh umat Islam di Indonesia menjaga prilaku dan beribadah dengan baik tanpa mengganggu kegiatan orang lain.

"Kita semua mengimbau agar dalam menjalani bulan suci Ramadan maka kita harus sedapat mungkin mampu memelihara dan menjaga kesucian Ramadan itu sendiri," pungkasnya.

Tulis Komentarmu