Hari Ibu: Kisah Inspiratif Perjuangan Perempuan

Hari Ibu: Kisah Inspiratif Perjuangan Perempuan

YOTers pasti tau kan kalau setiap tanggal 22 Desember, di Indonesia diperingati sebagai Hari Ibu. Nah, sayangnya masih belum banyak yang tahu mengenai sejarah dari Hari Ibu itu sendiri. Bahkan, masih ada juga yang menganggap bahwa Hari Ibu sama dengan Mother’s Day. Wah, padahal keduanya memiliki sejarah dan makna perayaan yang berbeda lho, YOTers.

Hari Ibu tidak terlepas dari kisah perjuangan kaum perempuan dalam memperjuangkan hak bagi perempuan. Bahkan, dalam perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia, kaum perempuan juga berperan di dalamnya lho. Kisah mengenai perjuangan kaum perempuan ini berawal di tanggal 22-25 Desember 1928 yang menyelenggarakan Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta. Kongres ini merupakan bentuk semangat juang kaum perempuan pasca peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Melalui Kongres ini lah muncul semangat para kaum perempuan untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Kemudian, pada 20-24 Juli 1935 diadakan kembali Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta. Melalui pertemuan tersebut, dibentuklah Badan Kongres Perempuan Indonesia dan menetapkan fungsi kaum perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang berkewajiban menumbuhkan rasa kebangsaan.

Perjuangan terus berlanjut lewat Kongres Perempuan III dan IV yang menuntut agar kaum perempuan memiliki hak yang sama untuk dapat memilih dan dipilih dalam Dewan Kota. Bahkan, dibentuk pula badan pekerja penyelidik masalah tenaga kerja perempuan dan memperbaiki ekonomi perempuan Indonesia.

Hingga akhirnya, perjuangan para kaum perempuan ini menumbuhkan hasil yang baik, YOTers. Di tahun 1959, pemerintah menerbitkan regulasi mengenai Hari Ibu. Kemudian Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1959 menetapkan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Pemilihan tanggal tersebut didasarkan dari tanggal pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia pertama, YOTers.

Ternyata sejarah di balik Hari Ibu inspiratif banget ya, YOTers. Bukan hanya sekadar unsur kasih sayang antar ibu dan anak seperti Mother’s Day, tetapi Hari Ibu punya sejarah dan kisah yang menarik di dalamnya. Yuk maknai Hari Ibu dengan kisah dan cerita inspiratif!

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *