Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Sebelum bulan puasa mendatang pemerintah akan meresmikan tol terpanjang di Indonesia yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono menuturkan bahwa tol sepanjang 116 km itu adalah tol Cipali.

Dia menjelaskan, nama Cipali itu diambil dari daerah titik awal dan daerah titik akhir tol tersebut, yaitu Cikopo-Palimanan. Presiden Joko Widodo pada 13 Juni 2015 telah meresmikan tol dengan nama tol Cipali.

Menurut Basuki, Tol Cipali akan memperpendek jarak antara Jakarta-Brebes sepanjang 94 km. Jadi waktu tempuh Jakarta-Brebes diperkirakan bisa sekitar 4 jam. “Nanti dari Merak-Jakarta-Cikopo-Palimanan-Brebes, tol, tol, tol tidak keluar Pantura dan itu mudah-mudahan bisa mengurangi kepadatan minimal 40 persen (Pantura saat arus mudik),” kata dia.

Pemerintah telah menentukan tarif Tol Cipali, yaitu Rp 823 per kilometer. Dengan demikian, untuk kendaraan golongan I, tarif yang dibayar dari Gerbang Tol Cikopo ke Gerbang Palimanan mencapai Rp 96.000. Dalam rangka mudik Lebaran, pihaknya meminta pengelola untuk memberikan potongan harga tarif tol, termasuk untuk Tol Cipali ini. ”Saya juga berharap agar pengelola jalan tol memberikan diskon tarif 25-35 persen kepada pengguna jalan pada H-10 sampai H+5 Lebaran. Ini permintaan Presiden,” ujar Basuki seperti dikutip harian Kompas.

Di dalam jalan tol tersebut akan ada delapan area peristirahatan, empat area peristirahatan kelas A yang memiliki tempat pengisian bahan bakar, serta empat lagi area peristirahatan kelas B. Dengan adanya jalan Tol Cipali ini maka jarak tempuh Purwakarta-Cirebon terpangkas sejauh 56 kilometer. Waktu tempuh juga berkurang dua jam.

Jalan Tol Cipali terletak 72 kilometer dari Jakarta. Jalan tersambung dengan dua ruas jalan tol yang telah beroperasi, yaitu jalan tol Jakarta-Cikampek di sebelah barat dan jalan tol Palimanan-Kanci di sebelah timur. Cikopo-Palimanan mampu menampung sekitar 25.000 kendaraan per hari. Kapasitas bisa naik hingga tiga kali lipat saat arus mudik hari raya dan libur. Adapun nilai investasi jalan tol ini mencapai Rp 13,7 triliun.

 

Sumber: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/06/16/resmi-dibuka-jalan-tol-terpanjang-di-indonesia/

Tulis Komentarmu