Hemat Belanja Makanan Selama Ramadan? Bisa Gak Ya..

Hemat Belanja Makanan Selama Ramadan? Bisa Gak Ya..

Seharusnya, sih, kalau dipikir lagi, pengeluaran selama bulan puasa bisa menurun. Sebabnya, biaya untuk makan juga menurun. Dari, misalnya, suka membeli makan tiga kali sehari, menjadi hanya dua kali. Atau, jajan untun camilan, yang tadinya dua kali sehari, jadi cukup sekali sehari. Idealnya begitu… Kenyataannya, pengeluaran malah bisa melonjak 2-3 kali lipat. Ada saja keinginan untuk membeli berbagai macam barang, terutama makanan. Nah, agar target hemat selama Ramadhan tercapai, coba lakukan trik-trik berikut.

Batasi buka puasa di luar
Undangan berbuka bersama di resto-resto sering datang bertubi-tubi dari teman kerja, teman kuliah, bahkan teman semasa kecil. Boleh saja dilakukan sebab bagian dari silahturahmi. Tapi, hangan keseringan juga karena harga makanan di resto tentu tidak murah. Apalagi jiga harga bahan makanan meningkat, harga makanan juga meningkat. Anda bisa menyarankan bertemu di rumah salah seorang teman dan dilakukan secara potluck atau membawa makanan masing-masing (atau saling menyumbang).

Bawa bekal dari rumah
Ketika mesti lembur sehingga tidak sempat berbuka di rumah, lebih baik bawa bekal. Dengan begitu, Anda tidak perlu jajan atau pergi ke resto untuk berbuka. Hal yang sama berlaku bila diperkirakan pada waktu berbuka, Anda masih di jalan. Anda bisa berbuka dulu dengan bekal yang dibawa dari rumah. Melalui cara seperti ini, Anda juga bebas pusing memikirkan hendak makan apa.

Beli makanan matang (jadi)
Memasak makanan sendiri lebih murah jika memasak dalam jumlah besar (misal, untuk ukuran satu keluarga). Sebaliknya, jika masak hanya untuk diri sendiri, biaya yang dikeluarkan malah akan lebih mhal. Untuk itu, lebih baik beli makanan langsung (yang sudah jadi) di penjual makanan dalam jumlah sedikit hanya untuk diri sendiri. Selain lebih hemat, makanan juga tidak ada yang terbuang karena sanggup Anda habiskan.

Hindari jajan pada jam tertentu
Seperti 1-2 jam menjelang berbuka puasa yang biasanya jadi waktu orang menjadi 'kalap' mencari penganan berbuka puasa. Perut kosong, berbagai jenis makanan yang dijajakan, serta banyaknya pembeli, membuat nafsu belanja makanan malah makin besar. Jika terpaksa membeli makanan pada jam-jam ini, belilah dekat waktu berbuka supaya tidak punya banyak waktu untuk memilih.

Waspada kue kering
Tawaran membeli kue kering begitu menggiurkan. Selain membayangkan rasanya yang enak, terbayang beli kue kering jadi dapat meringankan beban membuat kue sendiri. Coba kurangi jumlah belanjaan kue kering. Jika selama ini beli 5-6 macam kue kering, saat ini bisa hanya 3-4 macam saja. Bila merasa penganan Lebaran masih kurang, bisa diganti kembang gula atau manisan buah. Dengan begitu, pengeluaran dapat lebih ditekan.

Sumber: http://www.citacinta.com/dunia.kerja/finansial/hemat.belanja.makanan.selama.ramadan/003/003/127

Tulis Komentarmu