Wajib Diperhatikan Sebelum Membuka Rekening Bank

Wajib Diperhatikan Sebelum Membuka Rekening Bank

Meskipun menabung adalah salah satu poin penting dalam mengatur keuangan, bukan berarti Anda melakukannya tanpa perhitungan. Apalagi saat ini banyak banget produk tabungan yang ditawarkan oleh pihak bank. Pilih sesuai kebutuhan agar kondisi finansial Anda lebih aman. 

Banyak Digunakan Orang
Untuk operasional, pilih bank yang dimiliki banyak orang karena akan mempermudah Anda bertransaksi. Namun jika memang ingin menjadikannya sebagai tabungan tanpa 'diganggu' kebutuhan pengeluaran lain, Anda bisa memilih yang jarang digunakan orang.

Ketersediaan ATM
Jika membutuhkan dana darurat, Anda pastinya ingin mengambil uang yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat. Karena itu, pilih jenis bank yang memiliki banyak jaringan ATM.

Fasilitas Online 
Saat ini, Anda butuh bertransaksi di mana pun dan kapan pun. Karena itu, sangat penting jika bank tersebut memiliki fasilitas internet banking atau mobile banking. Jika butuh melakukan transaksi secara mendadak, Anda tidak perlu repot lagi ke bank atau mencari ATM.

Biaya administrasi
Hampir semua bank mengenakan biaya administrasi sehingga perlu dicek apakah biaya administrasi sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Namun, ada juga beberapa bank yang meniadakan biaya administrasi dengan syarat tertentu.

Keuntungan
Bank bisa memberikan keuntungan berupa potongan harga atau poin jika menggunakan kartu debit atau kredit dari bank tersebut. Gunakan sesuai dengan preferensi atau transaksi yang sering dilakukan.

Rekanan
Cek apakah bank tersebut memberikan kemudahan untuk pembayaran biaya rutin, seperti listrik, air, pulsa telepon, asuransi, atau TV. Perhitungkan juga biaya charge yang dikenakan jika Anda melakukan transaksi.

Tulis Komentarmu