Inilah Alasan Kenapa Kamu Perlu Social Media Detox

Inilah Alasan Kenapa Kamu Perlu Social Media Detox

Gak bisa kita pungkiri bahwa kehidupan kita sehari-hari saat ini tidak terlepas dari media sosial. Momen menyedihkan sampai yang menyenangkan semuanya di update di media sosial. Atau mau tau kabar artis favorit, juga ngeliat media sosialnya. Tapi kamu tau gak sih kalo media sosial itu bisa membawa pengaruh buruk ke psikologis kita. Makanya, kita perlu social media detox untuk mengantisipasi hal tersebut. Hmm tapi, apa sih social media detox itu?

Social media detox sendiri memiliki definisi tidak menggunakan media sosial apapun dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh diri kita sendiri. Nah, dalam melakukan social media detox ini kamu juga harus berkomitmen untuk menjalani apa yang telah kamu tentukan di awal. Misalnya mau detoks media sosial selama 2 minggu, ya kamu gak boleh buka media sosial apapun dalam waktu 2 minggu dengan alasan apapun.

Oke, sekarang kita bahas deh kenapa kamu perlu social media detox:

  1. Iri dan Membandingkan Diri dengan Kehidupan Orang Lain

Ngeliat postingan temen yang lagi liburan iri, ngeliat temen beli handphone baru iri, liat temen makan enak iri. Terus kamu mulai membandingkan bahkan menyalahkan diri kamu karena gak bisa hidup enak kayak temen kamu. Jangan salah, keliatannya sepele tapi kalo dibiarkan akan menimbulkan depresi.

  1. Untuk Membatasi Hal Privacy

Nah karena udah kecanduan media sosial, kamu jadi gampang nge-share apapun, bahkan yang sebenernya adalah itu privasi kamu. Bahanyanya, jadi ngga ada batasan antara hal yang harus kamu simpan sendiri dan bisa kamu bagikan ke ruang publik. Ngga menutup kemungkinan juga bakalan ada komentar-komentar buruk dari postingan yang kamu share dan bahayanya juga bisa menimbulkan depresi.

  1. Punya Kehidupan yang Sesungguhnya di Dunia Nyata

Alasan lain kenapa kamu perlu social media detox adalah karena kamu punya kehidupan yang sesungguhnya di dunia nyata. Apalagi kalo sampe ada orang-orang terdekatmu yang bilang kamu itu ‘ansos’ alias anti sosial karena keseringan buka media sosial.

  1. Saat Kamu Udah Mulai Gak Jadi Dirimu Sendiri

Alasan terakhir adalah saat kamu posting suatu hal yang sebenernya itu gak mencerminkan kamu banget, hanya untuk diakui di lingkunganmu aja kalo kamu itu keren. Hal ini karena pengaruh dari media sosial yang akhirnya membuat kamu ingin melakukan sesuatu hanya untuk ‘diakui’.

Nah, terus gimana caranya melakukan detoks media sosial? Kamu bisa hide aplikasinya, matikan notifikasi, logout atau uninstall media sosial kamu untuk sementara waktu. Tujuannya supaya kamu bener-bener serius dan berkomitmen dalam menjalani detoks media sosial ini. Ganti kegiatan kamu yang biasa kamu habiskan dengan membuka media sosial, dengan hal-hal yang kamu suka.

Semoga dengan melakukan social media detox, kamu bisa menjalani kehidupan nyata yang lebih berkualitas ya!

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *