Kapal Tenaga Surya Persembahan Mahasiswa ITS

Kapal Tenaga Surya Persembahan Mahasiswa ITS

Mahasiswa Indonesia kembali menguji kemampuannya berkompetisi di ajang internasional. Kapal tenaga surya buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan berlaga di Yanagawa Solar Boat Festival 2015, di Fukuoka, Jepang pada awal Agustus mendatang.

Kapal bernama Batharasuraya Solar Boat ITS memiliki panjang 3,5 meter, lebar 0,8 meter dan tinggi 0,64 meter. Batharasurya akan bertarung dalam tiga kategori lomba. Ketiga kategori itu adalah Circular Course, Sprint, dan Slalom. “Kami optimistis kapal dapat meluncur dengan lincah di atas air nantinya,” kata ketua tim Batharasuraya Muhammad Hapis dalam rilis tertulis, Senin 29 Juni 2015.

Kapal Batharasuraya itu memiliki fasilitas solar panel yang berkapasitas 100 watt-peak. Dengan kapasitas tersebut, diperkirakan mampu melaju dengan kecepatan 3 meter per detik atau setara dengan 5 knot. “Selain itu, lambung kapal yang berbahan serat dan resin serta tambahan karbon juga membuat kapal ini menjadi lebih ringan,” kata mahasiswa Jurusan Transportasi Laut ITS itu.

Rencananya, kapal Batharasuraya tersebut akan dikirim ke Jepang pada tanggal 10 Juli 2015 . Maka praktis tim ITS hanya memiliki waktu satu minggu untuk melakukan instalasi solar sel dan kemudi. “Kemudian seminggu sisanya kami harus sudah melakukan uji dalam air sebelum dikirim,” kata salah satu dosen pembimbing dari jurusan Desain Produk Industri Andhika Estiyono.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Herman Sasongko turut hadir untuk menyemangati keenam anggota tim. Ia mengatakan bahwa kemenangan bukan tujuan utama. “Yang terpenting adalah bagaimana cara kita mendidik mahasiswa agar mereka berkompeten di bidangnya,” ujarnya.

 

Sumber: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/06/30/kapal-tenaga-surya-dari-surabaya/

Tulis Komentarmu