Tips Memasarkan Bisnis di Media Sosial. Jangan Sampe Salah Langkah!

Tips Memasarkan Bisnis di Media Sosial. Jangan Sampe Salah Langkah!

Hai YOTers! Kamu pengen memasarkan bisnis kamu di media sosial? Bisa banget! Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih kalo ingin memasarkan bisnis kamu di media sosial. Apa aja? Ini dia:

 

  1. Ketahui Produkmu dengan Baik

Pastinya kamu harus tau nih produk yang mau kamu jual tuh apa, siapa audiens nya, bagaimana demografinya. Mengetahui produk dengan baik tentunya juga akan memudahkan kamu dalam membuat content plan nantinya. Jangan sampe kamu buat content yang gak relate dengan produk yang kamu jual ya, apalagi yang gak sesuai dengan target market kamu.

 

  1. Posting Secara Konsisten

Kamu harus konsisten dalam menentukan berapa kali kamu posting dalam sehari. Setidaknya satu hari kamu harus posting sekali ya, jangan sampe seminggu kamu cuma posting sekali. Orang tentunya gak akan tertarik buat follow socmed brand kamu, apalagi beli produk kamu, kalo kamu jarang update. Jangan lupa juga, beberapa aspek seperti visual, font type juga harus kamu tentukan di awal ya, karena ini bagian dari branding.

 

  1. Buat Social Media Content Bucket

Tips Memasarkan Bisnis di Media Sosial. Jangan Sampe Salah Langkah!

Contoh Social Media Content Bucket. Sumber: search engines marketer

Social Media Content Bucket ini merupakan turunan dari Content Pillar. Isinya adalah konten apa saja yang akan kamu bagikan, disesuaikan dengan objektifnya. Contohnya kayak gambar di atas. Kalo objektifnya mau meningkatkan brand awareness, kamu bisa posting konten yang sedang viral atau konten yang menghibur. Tapi, lagi-lagi, harus dipilih lagi kontennya. Gak semua konten viral itu relate sama target audiens dari social media kita.

 

  1. Berinteraksi dengan Audience

Tips Memasarkan Bisnis di Media Sosial. Jangan Sampe Salah Langkah!

Contoh konten yang dapat meningkatkan interaksi. Sumber: Instagram Envgreen

Buatlah konten yang dapat mendukung terjadinya interaksi dengan audiens kamu. Hal ini tentunya akan meningkatkan impression social media kamu, sehingga semakin banyak orang juga yang tau akan keberadaan social media dari brand kamu. Hal ini tentunya juga bisa menambah jumlah pengikut social media dari brand kamu.

 

  1. Buat Konten yang Valuable

Tips Memasarkan Bisnis di Media Sosial. Jangan Sampe Salah Langkah!

Contoh konten yang valuable. Sumber: Instagram Beauty Bar

Terakhir adalah buatlah konten yang bermakna. Bukan hanya informatif, tapi juga edukatif. Misalnya, kamu menjual produk kosmetik. Lalu kamu membuat konten tentang jenis bedak yang bisa digunakan sesuai dengan jenis kulit agar tidak iritasi. Semakin valuable kontenmu, akan semakin banyak orang yang merekomendasikan social media brand kamu. Ini akan berdampak ke meningkatnya impression social media brand kamu nantinya.

Nah itu dia YOTers tips singkat untuk memasarkan bisnis kamu di media sosial. Inget ya, gak ada yang instan dalam membangun sebuah brand, begitu juga dalam hal memasarkannya di media sosial, apalagi kalo kamu ngebangunnya secara organik. Jadi harus sabar, banyak trial & error yang akan terjadi. Semoga dengan mengikuti tips di atas bisa membantu ya. Semangat!

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *