Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi!

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi!

Hai YOTers! Masih dalam suasana liburan, kali ini kita akan ngebahas destinasi liburan di berbagai kota di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Kalo kamu lagi ada di atau akan berkunjung ke kota ini, gak ada salahnya nih buat mengunjungi berbagai destinasi yang direkomendasikan sama teman-teman YOT Kota di bawah ini. Yuk kita liat dimana aja destinasi liburan di berbagai kota!

 

  1. Perpustakaan Kementerian Pendidikan (Jakarta)

Lokasi: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung A Lantai 1, Jl. Jenderal Sudirman RT. 1/RW. 3 Gelora, Senayan, Jakarta Pusat

Jam buka: 08.00-16.00 WIB (Weekday) dan 09.00-14.00 WIB (Sabtu)

HTM: Gratis

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - Perpustakaan Kementerian Pendidikan Senayan

Siapa bilang kalau liburan itu harus ke mall dan tempat hiburan lainnya. Ternyata ke perpustakaan juga bisa dijadikan pilihan liburan lho. Apalagi kalau perpustakaan nya bikin nyaman seperti Perpustakaan Kemendikbud yang bersebelahan dengan Mall FX Sudirman. Perpustakaan ini menyediakan berbagai fasilitas diantaranya komputer, ruang diskusi, koleksi buku yang cukup lengkap, wi-fi yang cukup cepat dan kamu juga bisa isi ulang air di sini. Di perpustakaan ini juga tersedia bioskop mini bagi kamu yang ingin menonton film. Perpustakaan ini terbuka untuk publik dan suasananya sangat tenang, cocok untuk kamu yang ingin mengerjakan tugas, skripsian ataupun hanya ingin bersantai membaca buku. Untuk mendapatkan privilege lebih, kamu bisa mendaftar sebagai anggota dengan persyaratan yang sangat mudah yang bisa ditanyakan kebagian administrasi perpustakaan. Yuk dateng ke perpustakaan di tengah kota ini!

*diulas oleh Iis – YOT Jakarta

 

  1. Telaga Claket (Wonogiri)

Lokasi: Jl. Claket, Ngawen, Keblokan, Sendangijo, Kec. Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Jam buka: 06.00-18.00 WIB

HTM: Rp 10.000/orang

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - Telaga Claket Solo Wonogiri

Memasuki waktu liburan, berbagai tempat liburan udah pasti rame banget. Mulai overtourism terlalu ramai, malah kadang gak bisa nikmatin tempat wisatanya. Nah buat yang kali ini cocok banget nih buat kalian yang mau liburan ke tempat yang masih asri dan masih sepi. Di Wonogiri ada telaga yang pemandangannya bagus banget-bangetan, apalagi kalo kalian datengnya pas sunrise! Plus, waktu tempuh menuju telaga ini hanya 1-1.5 jam dari Kota Solo lho. Namanya telaga Claket. Selain pemandangannya bagus, di sini juga banyak spot untuk foto bersama temen-temen atau keluarga! Oh ya, jangan lupa ya, setiap berkunjung kesini dijaga keindahannya, jangan buang sampah sembarangan dan tetep jaga alam! Happy holiday!

*diulas oleh Evan – YOT Solo

 

  1. Wisata Baturaden (Purwokerto)

Lokasi: Jl. Raya Baturaden No.174, Dusun II Dukuh, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Jam buka: 08.00 WIB

HTM: Rp 15.000/orang

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - wisata baturaden purwokerto

Buat yang bingung mau liburan kemana, boleh banget nih dicobain Wisata Baturaden yang ada di Purwokerto. Di dalemnya ada banyak banget tempat rekreasi yang unik dan cuma bisa didapetin di sini, seperti tempat refleksi kaki dengan ikan, theater pesawat dan berbagai tempat unik lainnya. Gak lupa juga, ada bermacam curug yang airnya seger banget dan yang pastinya cuma ada di Purwokerto lho! Salah satu curug yang terkenal di Baturaden ini ada curug 7 warna, di curug ini beda dari curug biasanya karena warna air di curug ini punya 7 warna lho! Keren banget kan! Pokoknya gak bakal nyesel deh kalo ajak keluarga atau temen kalian main kesini.

*diulas oleh YOT Purwokerto

 

  1. Kawah Ijen (Banyuwangi)

Lokasi: Perbatasan Kab. Banyuwangi dan Kab. Bondowoso

Jam buka : 01.00-14.00 WIB

HTM: Rp 10.000 (turis domestik) dan Rp 200.000 (turis mancanegara)

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - kawah ijen banyuwangi

Kawah Ijen terkenal dengan keunikan dan keindahannya, salah satunya adalah fenomena bluefire yang hanya ada dua di dunia yakni di Kawah Ijen dan Islandia. Bluefire muncul antara pukul 02.00-03.00 WIB dini hari, maka dari itu biasanya para turis mulai mendaki pukul 1 pagi karena untuk mencapai puncak membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Keindahan kawah yang bewarna hijau tosca dan kebiru-biruan beserta eksotisme matahari terbit di pagi hari membuat pengunjung pasti ingin kembali. Begitu juga fenomena mengesankan penambang belerang yang memikul muatannya berkilo-kilo meter yang curam dan menanjak, kerja kerasnya sangat menginspirasi.

*diulas oleh YOT Banyuwangi, foto oleh @gensavana

 

  1. Kebun Raya Eka Karya (Bali)

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam buka: 08:00 – 18:00 WITA

HTM: Rp 9.000 (turis domestik) dan Rp 17.000 (turis mancanegara)

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - kebun raya eka karya bali

Mau nyari tempat wisata paket komplit di Bali? Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali adalah jawabannya. Kebun Raya Eka Karya Bedugul adalah sebuah tempat yang unik di Bali yang merupakan kombinasi tempat penelitian tumbuh-tumbuhan, konservasi, pembelajaran sekaligus sebagai tempat rekreasi. Di sini kita bisa bersantai sambil menikmati keindahan dan kesegaran udara dari kawasan wisata kebun raya sekaligus kita dapat belajar kegunaan dari tumbuh-tumbuhan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Selain bisa menikmati segarnya tumbuh-tumbuhan hutan hujan tropis (tropical rain forest), kita juga bisa menikmati keindahan dan kicauan burung-burung yang ada di sekitar kebun raya ini.

*diulas oleh YOT Bali

 

  1. Pura Taman Ayun (Bali)

Lokasi: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali

Jam buka: 08:00-18:15 WITA

HTM: Rp 10.000 (turis domestik) dan Rp 20.000 (turis mancanegara)

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - pura taman ayun bali

Pura Taman Ayun menjadi destinasi wisata yang cocok bagi kalian yang mau liburan sambil belajar tentang budaya Bali. Berada di Desa Mengwi, Pura Taman Ayun Bali disebut sebagai salah satu pura paling cantik yang ada di Pulau Dewata. Memasuki kawasan Taman Ayun, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan taman yang cantik dan asri. Bahkan taman yang ada di pura ini sempat muncul dalam acara Around the World in 80 Gardens. Seteah melewati taman, pengunjung akan memasuki kompleks pura. Namun, pengunjung hanya bisa melihat pura dari luar saja, karena kompleks pura merupakan kawasan sakral yang hanya dibuka saat upacara keagamaan saja.

*diulas oleh YOT Bali

 

  1. Tugu Khatulistiwa (Pontianak)

Lokasi: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Jam buka: 07.30-19.00 WIB

HTM: Gratis

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - Tugu Khatulistiwa Pontianak, Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa adalah patok yang dibuat oleh rombongan ekspedisi internasional dari Belanda di tahun 1928. Tempat tersebut menjadi tempat edukasi sejarah dan tempat wisata liburan. Di sini juga ada penjual souvenir khas Kalimantan Barat dan ada tempat makan yang rapi dan juga bersih. Tugu Khatulistiwa berlokasi di tepian Sungai Kapuas yang membuat kita bisa melihat-lihat aktivitas di sungai Kapuas.

*diulas oleh YOT Pontianak

 

  1. Taman Alun Kapuas (Pontianak)

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Jam buka: 07.00-22.00 WIB

HTM: Gratis

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - Taman Alun-alun sungai kapuas pontianak

Sebuah daerah tak lari dari sejarah lamanya. Kota Pontianak juga ada sejarahnya. Salah satunya kawasan di sekeliling Taman Alun Kapuas. Taman yang dahulunya bernama Larrive Park ini berada tepat di depan Kantor Redident’s Huis serta beberapa bangunan bersejarah lainnya. Seperti Kantor de Javasche Bank (DJB) atau Bank Indonesia lama serta bangunan Kantor Pos yang pertama kali di kota Pontianak. So, buat kalian yang mau jalan-jalan sambil melihat bangunan-bangunan lama, jangan sungkan ya main kesini.

*diulas oleh YOT Pontianak

 

  1. Kota Sultan (Pontianak)

Lokasi : Siantan, Pontianak, Kalimantan Barat

Jam buka 07.30-17.00 WIB

HTM: Gratis

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - kota sultan pontianak

Sebelum menjadi NKRI, Indonesia memiliki nama Nusantara, yang memiliki banyak sekali kerajaan-kerajaan yang tersebar di banyak daerah. Salah satunya Kota Pontianak, Kota Sultan ini mencakup Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, Masjid Jami, Masjid At-Taqwa Kampung Bansir, Patok Nol Kilometer dan masih banyak lagi. Berkeliling dan berkunjung sambil belajar banyak tentang sejarah sangatlah menyenangkan di sini. Jangan lupa abadikan momen kalian di sini dan bagikan pengalaman kalian agar orang lain ingin berkunjung juga kesini.

*diulas oleh YOT Pontianak

 

  1. TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Manggar (Balikpapan)

Lokasi: Jl. Proklamasi No. 28, Manggar, Balikpapan Timur

Jam buka : 08.00-17.00 WITA

HTM: Gratis

Rekomendasi Tempat Liburan di Berbagai Kota yang Wajib Kamu Kunjungi! - tempat pembuangan akhir manggar balikpapan

Liburan kali ini bila berkunjung ke TPA Manggar akan mendapatkan pengetahuan terkait sampah, pengelolaannya, manajemen sampah, serta inovasi yang telah dilakukan di TPA Manggar. Dapat diketahui bahwa TPA Manggar Balikpapan merupakan yang terbaik di Indonesia dan tentunya pengelolaan sangat baik dan teratur serta terdapat pemandu dari pihak TPA untuk memberikan penjelasan terkait TPA Manggar serta daerah-daerah zona edukasi bagi masyarakat. Tentunya sangat asik untuk liburan di sini. Bahkan di sini terkadang bisa dijadikan tempat untuk camping.

*diulas oleh YOT Balikpapan

 

Nah itu dia rekomendasi tempat liburan di berbagai kota yang direkomendasikan oleh teman-teman YOT Kota. Tempat mana nih yang bakalan kamu kunjungi di liburan kali ini? Atau kamu ada rekomendasi lain di kota kamu? Share di kolom komen ya!